Hem, kalo minyak ke 300$ sudah kehilangan nilai ekonominya, bisa saja
sih tetapi mungkin sudah bukan commodity lagi, melainkan chemical
goods, tentunya sudah keluar dari pasar nymex.

Dengan oil price 100$ / barrel, biofuel sudah menunjukkan nilai
ekonominya, bahkan dengan harga dibawah itu, salah satu pengganjal
majunya biofuel di Indonesia adalah:
1. Perhatian pemerintah yang mengharapkan swasta yang mengembangkan,
padahal ini akan menjadi Pertamina yang baru.
2. Bisa jadi ada sikap reluktansi dari pihak yang berkepentingan, dhi
Pertamina karena menyangkut persaingan bisnis yang sebelumnya tidak
ada.
3. Dalam skala yang besar, jika pengembangan biofuel menggunakan bahan
pangan maka akan terjadi permasalahan baru, sebab akan terjadi rebutan
antara perut manusia dengan tangki fuel mobil :)
4. Dalam penelitian yang lebih baik, dijelaskan bahwa ganggang hijau
adalah alternatif terbaik untuk pengembangan bio fuel, tidak tahu
kenapa Pemerintah ini tidak terlihat perhatiannya kearah sana, padahal
kita dengan potensi luasan laut yang besar, dapat menjadi keuntungan
tersendiri.
5. Adanya subsidi, yang satu pihak menguntungkan, dipihak lain
menghambat pengembangan biofuel, menjadikan gap price yang lebih
tinggi.

biofuel sudah didepan mata, siap / tidak siap....
karena negara indonesia saat ini adalah negara yang tergantung pada
hasil minyak bumi, maka... hal ini akan menentukan masa depan negara
kita juga...

Jul