Salam Sejahtera...

Pada Selasa, 20 November 2007, abdulrahim abdulrahim menulis:

> TBumi, saya emang ngincer INCO setelah stock split. Tapi ada yang
> bilang, sebaiknya beli sebelum stock split. Gimana nih?

Tergantung siapa saja yang 'menguasai' saham tersebut. Yang jelas, kelas
INCo tidak bisa disamakan dengan ANTM, ketika saham ANTM dipecah menjadi
1:5.

Pada masa pemerintahan Saddam Hussein, Garda Republik (GR) jauh lebih
dikenal dibandingkan tentara reguler Iraq. Mereka berkekuatan sekitar
90.000 prajurit, tersusun dalam 2 korps, terdiri daripada  1 divisi
infantri, 1 divisi Pasukan Khusus, 2 divisi mekanis dan 3 divisi lapis
baja. Ini masih ditambah Garda Khusus Republik (GKR), beranggotakan
sekitar 15.000 prajurit, terdiri daripada 4 brigade dan 2 komando.
Bandingkan dengan tentara reguler Iraq yang berkekuatan sekitar 300.000
orang, yang dibagi ke dalam 5 korps.

Secara kasar, tentara reguler berkekuatan 3x lipat GR dan GKR. Namun
ketika tentara As menyerbu Iraq pada 2003, yang paling dulu menyerah
adalah kesatuan-kesatuan reguler. Sementara itu, GR dan GKR masih ada
sampai saat ini, terus menjadi gangguan bagi tentara pendudukan. GR dan
GKR memang sudah (di/ter)pecah, namun mereka justru tetap menjadi
ancaman yang tidak dapat diabaikan.

Demikianlah saya memandang INCO, selayaknya GR / GKR.

Sharif Dayan
Epitoma Rei Militaris

Kirim email ke