kayanya mah emang penggunaan rasio2 analisa laporan keuangan ga
mungkin dipake single check aja.. harus banyak yg di pake sih...

perusahaan yg baru tumbuh en masih muda biasanya juga ROEnya ga
terlalu tinggi.. karena heavy investment/heavy CAPEX... tp kalo tiap
dua quarter returnnya bisa leap-frog kan by the time passing ROE nya
bisa improve.. pokonya mah kalo perusahaan emang lg fase awal growth
selain liat ROE saat itu kita jg liat perkiraan Forward Earning
kedepan yg kira2 nantinya bisa improve ROE skrg... nah
ngeliat/perhitungin Forward earning biasanya selain forecast revenue
dan margin2nya (revenue -> net income -> freecashflow-> eps. dan
tingkat peningkatan efisiensi operasional dan margin2nya), kita jg
kroscek liat Capex gede yg dia keluarin dan dipilah mana yg buat
maintenance mana yg buat pertumbuhan ke depan... nah yg buat
pertumbuhan kedepan ini diliat selisih return on capital invested
berbanding discount factor yg dipake perusahaan itu (rate bond dy /
rate premium equity issue dy)... nah selisih diatas discount factor
nya ini (premium over hurdle rate) yg KITA PEGANG buat forecast future
earning (future earning = future ROE)....

makanya saya biasanya selain ROE ditandem jg sama ROC (return on
capital)... misalnya ada growth company yg ROE yg standar2 aja tapi dy
punya ROC yg bagus dan konsisten diatas setahun angkanya bagus... nah
kemungkinan besar kedepannya dy solid dan bisa improve ROE...

intinya mungkin kita liat Long-Term Value Creation... saya lebih
respek ama manajemen yg bodo amat ama performa EPS semester/tahunan
(krn ga ambil pusing whether dy ncapai konsensus forecast analis apa
engga) tp heavy investing dan lebih fokus ama long term value
creation... lagian yg model begini asik soalnya kalo dilihat orang
sekilas sebenernya mahal karena EPS kecil tp forward valuenya gede krn
heavy investment (dan yg bukan asal investment tp yg punya Premium
untung gede diats hurdle rate...)
-Investor jeli macem Pak Eka nih kayanya yg favourable banget ama
manajemen macem gini (fokusnya jangka panjang bukan jangka pendek)...

good and consistent ROC dicombo sama strong competitive advantage dan
dikonfirmasi sama revenue and margin growth tiap quarter berjalan mah
probabilitasnya gede banget tuh saham bakal jadi profitable Cuannn plot...

high DER sebenernya emang bahaya, otomatis DER yg tinggi nambah
resiko.. kecuali yg ngegunain debt adalah perusahaan yg cashflownya
stabil en pake debt buat ngeleverage/maksimalin cost of capitalnya
supaya efficient aja...

oh iya, notice bahwa kadang ada fase dimana ada potential investment
spot di perusahaan yang tadinya DERnya tinggi... tapi liat secara
bersamaan dalam tempo 1-2-3 tahun apakah perusahaan itu secara
bersamaan mengalami hal ini :

1. Interest Coverage Ratio nya malah makin tinggi / makin kuat.
2. Free Cash Flownya menguat dan Rasio Free Cash Flow Interest
Coverage Rationya makin bagus...

nah perusahaan yg kaya gitu biasanya dia bakal buyback sahamnya
(harusnya di harga murah di pasar) dan nantinya bisa nambah equity
returnnya... jika free cash flownya udah cukup manteb, dia bisa
kurangin interest expensenya dengan lunasin/buy back
obligasi/hutangnya...

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "ardiat" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalau mau lihat ROE, sebaiknya juga memperhatikan DER.
>
> Ketidakstabilan politik, moneter, dsb, sangat beresiko bagi perusahaan2
> Indonesia yg mempunyai banyak hutang. Perlu juga diketahui bahwa ROE
> tinggi BUMI tahun ini disebabkan juga oleh income Divestasi KPC.
>
> Bagi penggemar investasi di mining, ANTM atau INCO lebih baik daripada
> BUMI atau PTBA (dari segi pertumbuhan earning dan margin of safety ).
> Operating margin tambang nikel jauh lebih tinggi dari batubara. ANTM dan
> INCO jauh lebih murah (jika dilihat dari PBV) saat ini.

> [...]

Kirim email ke