Mas Cat, benernya saya juga gak tahu market mau kemana arahnya, karena
layaknya pemain saham lainnya, *all we can do is REACT.* React dalam artian
bukan grasa-grusu  *setelah *market drop, tapi react setelah ada*tanda-tanda
* tidak wajar (kalau kata embah tanda alam)

   1. *Saham saham big cap seperti infra, mining dan banks flat*
   2. *Adanya kekisruhan di milis (gak perlu sebut nama)*
   3. *Beberapa trader berevolusi jadi investor*
   4. *Agri jalan sendirian, bener-bener JALAN SENDIRIAN secara
   harafiah/literally. Too much, too fast.
   *
   5. *Embah banyakan diem.... eh nggak ding..
   *
   6. *Trendline mentok resisten 3 kali gak tembus*
   7. *Oil, komoditas selain cpo melemah*
   8. *dsb..
   *

Saya lupa siapa yang bilang, ada expert yang bilang bursa yang sehat itu
kalau semua sektor bergerak selaras (Elder? Dow? Lupa..)

Terus terang saya melihat gelagat yang kurang baik dari minggu lalu, makanya
saya cash out. Sempat grogi juga sih melihat AGRI (LSIP) yang begitu
perkasa. ANTM yang lompat-lompat gak jelas, BUMI... wew.... dalam hati sudah
pengen rasanya jedutin ke tembok..hehe..

Terbersit keinginan untuk sok-sok an jadi highlander, tapi itu berarti
"menghianati" style saya sendiri, makanya saya tahan-tahan. Tutup layar,
cari kerjaan lain. Toh nanti kalau hoki rejeki nggak kemana..

Eh, hari ini kejadian....

Systemic crash selalu terjadi setiap tahun, mungkin satu sampai tiga kali,
tinggal kita harus tahu apa yang mesti dipungut. Kalaupun IHSG ke 2400, itu
masih sehat, wong itu kan break high dari crash terakhir. Don't worry lah.
Seandainya terjadi, ya diterima aja, jangan dilawan...

Masih ada waktu dua bulan kan buat belanja...? Ini saya loh.. :) Tapi ya gak
tau ya, bisa aja besok rebound, kalau itu terjadi, mungkin ada kesempatan
buat TP/CL....... up to you...

Regards,
DE

Kirim email ke