Target 8000 kalau besok sepertinya terlalu cepat. Yang membuat saya heran,
mengapa lap keu resmi BUMI untuk 2007 dan Q4 2007 belum dipublikasikan.
Menurut perkiraan saya, pasti lap keu BUMI bagus. Saya mengkuatirkan kalau
ternyata memang sudah ada skenario tertentu. Kalau lap keu BUMI dikeluarkan
sekarang, skenario "down grade" BUMI tidak bisa dijalankan.

BTW, Nov 2007 kmrn BUMI menerima order batubara dari Jepang di harga 85 USD.
Sepertinya 85 USD/ton ini adalah harga kontrak untuk thermal coal, bukan
harga spot. Kalau memang betul yang dikatakan Pak Andi bahwa 40% produksi
BUMI akan dilempar ke futures spot market, maka keuntungan BUMI bisa
berlipat karena harga spot bisa jauh di atas 85 USD/ton. Australia juga
menghendaki supaya harga jual coal ke Jepang minimal 100 USD/ton.

http://ourmetals.com/index.php?c=england&t=05&cat=1&subcat=89&one=258
*Other Japanese buyers said that it was unreasonable for prices to jump this
high when South Korean utilities managed to ink their 2008 coal contracts at
about USD 60 a tonne. Some Japanese utilities have also agreed with
Indonesia's Bumi Resources to buy 2008 coal supplies at about USD 85 a tonne
in November. *

Salam,
Andreas

Kirim email ke