*Untuk BEJ ke Broker OLT> 1 to 1
Broker OLT ke nasabah > 1 to many*

Jadi bottlenecknya ada di broker OLT. Jgn lupa untuk order dan marketinfo
itu dua system (jalur) yang berbeda. Yang sering hang biasanya OLTS/Market
Info yang sistemnya database-driven, yang bagus itu yang memory-based, tapi
ada pro dan con nya. Dan sebaiknya server untuk ORDER dipisah dengan server
MARKETINFO.

*Database driven*
Data streaming dari JATS, diolah dan disimpan di database. Client OLTS
secara periodik me *retrieve *dari database tsb.
Pros: Data historical lengkap dan "matang" alias informatif, bisa analisa
TA, murah, dsb.
Cons: Lambat, berat dan laggard (ada delay), apalagi kalau market rame bgt.
Kalau overload, server akan memutuskan koneksi yang dianggap membebani.
Kalau pakai app OLTS di quad-screen pasti jebol. hehe..

Mis: H*TS, IP*T, dan OLTS lainnya

*Memory based*
Data streaming dari JATS diolah secara realtime dan disimpan didalam memory
yang besar. Hasil olahan di *broadcast *ke semua terminal yang aktif.
Pros: Data realtime (best bid/ask, running trade)
Cons: Data streaming masih agak mentah, tidak ada/jarang ada data
historical, relatif mahal

Mis: Stockw***, RT*, IM*

Jadi ini tanggungjawabnya lebih ke broker OLTS/provider, bukan BEI. OLTS
tidak bakal mau pake memory-based karena costnya bandwidthnya gak nutup.

CMIIW

Regards,
DE

Kirim email ke