TINS produksi tetap malah mungkin turun. harga yg naik. Saya suka baca2 artikel
valuasi di fool.com yg selalu pick emiten yg kapasitas produksi yg naik, atau
inventory bahan baku naik. Karena kalo kapasitas produksi naik berarti ada
hedging sama harga komoditasnya.
  Contoh dulu saya suka TBLA karena diam2 dia punya TBS proccessing yg
kegedean, yg artinya dia siap2 kapasitas utk panen usia remaja (sebelumnya
kapasitas yg lebih dia pake proses TBS tetangga).
  Dulu saya suka ANTM karena ada FENI III, karena deposit juga masih besar 30
tahunan.

  Sederhananya, kalo TINS selain deposit habis, sekarang kegerus cost, dan
harga LME TIN harus naik terus kalo margin mau sama. Suatu saat TINS jatuh
bakal sangat hard landing. Kalo tanya insiyur tambang kasih mereka duit, saya
yakin nggak beli TINS, kalo tanya orang perkebunan dikasih duit nggak akan beli
SGRO (kelamaan bo!).
  MON/POT bagus cuma saya juga takut collect.
  Kalo saya bilang energi masih naik lihat saja natural gas sudah 11$/mmbtu,
komoditas agri masih bagus. Semakin makmur India dan China makan semakin
kenyang, buktinya BOEING saja penjualan pesawat dari Amerika cuma 11%, separuh
dari China dan India.

pemainedan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Pak Eka, ada apa dg TINS? Saya jadi curiga, harga tin LME naik
terus, tp TINS relatif diam. Embah juga takut TINS. Mohon di-share.

Kl saham2 AGRI NY gimana pak Eka? Antara lain Monsanto (MON) &
Potash of Saskatchewan (POT)? POT ini equivalent-nya Arab Saudi utk
pupuk dunia. Jim Rogers pun rekomendasi STRONG BUY AGRI utk 2008 ini
kan.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, Eka Suwandana <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> emang satu2nya, duit gw kesedot di NYSE sekarang. Liat PER saham2
disana bikin ngiler. Saya bakal masuk PTBA. MEDC dibanding CONOCO,
PETROBRAS, sama Occidental Petroloeum, yah masih mending mereka.

> Ngomong2 kedepan BEI bakal jadi barometer bursa saham COAL dan
CPO, itu bakal jadi DNA ekonomi Indonesia. Bakal ada IPO ADARO, sama
Gunung Bayan, itu perush Coal besar2.

> Forget other things, INCO, ANTM they are the past. TINS juga
feeling saya nggak sampai 6 bulan lagi.

<esuwandan@> wrote:

> [...]
senang trading di NY walau disana super volatile tapi saya enjoy!

dijual di bordil kumuh, cewek putih tetap bikin cowok konak .