--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "vividtrader"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Oentoeng,
> Setelah pusing trading swang swing dan benjol sana sini saya lagi
> utak-atik saham-saham apa yg lagi diakumulasi. Beberapa sudah
> terdeteksi secara TA dan juga fundamental mendukung.
>
> Akumulasinya biasanya sampe berbulan-bulan dan trader biasanya
lumayan
> bosan dengan saham-saham itu.
>
> PERTANYAAN:
> Berkaitan dengan bandar yang BERTUGAS mengAKUMULASI suatu saham,
> BIASANYA sampai dengan berapa PERSEN dari KAPITALISASI PASAR bandar
> tersebut akumulasi suatu saham?

P. Vivid...

Sebelum kita bicara ke masalah AKUMULASI kita perlu tahu dulu bbrp
tingkatan "bandar"
Dari yg saya kenal di BEI kita bisa bedakan level ASING, FM (besar,
sedang, kecil) berikut yang "lokalan".
Karena dari tingkatan level DANA dan SKILL itu akan membutuhkan
proses dan modal yg BERBEDA.

Yang jelas anggap saja ada 2 BD yg berbeda;
- Yg satu, baru bisa "membandari" kalau dia sdh "menguasai" saham yg
beredar.
- Ada yg hanya dengan sekitar 30% aja yg beredar di market dia sudah
mampu "mengendalikan" pasar.
Hal di atas kalau mau "dijlentrehkan" jg bisa jadi panjang....karena
saya punya sample puluhan bahkan ratusan saham (yg sdh terjadi).

Note: Kalau ada BD yg mo gerakkin saham X tanpa pake "modal" (saham)
dulu itu menurut saya namanya bukan BD Tulen tapi FOLLOWER.

Untuk bicara ASING kl mau akumulasi, sebenarnya malah SIMPLE.
Karena DANA yg dia siapkan SUDAH PASTI kelihatan.
Dia tinggal pesennya saham APA? Atau APA SAJA....
Target akumulasi RANGE BERAPA?
Dari situ bisa kelihatan dari OPERATOR yg dapet pesanan MAMPU
menyelesaikan order tsb berapa lama?
Karena setiap saham berbeda2 MARKET CAPnya maupun SKILL yg dimiliki
sang operator.

Seringkali yg menyulitkan mereka adalah masalah LIKUIDITAS PASAR.
Likuiditas ini pula yg akan menyebabkan saham SAMA dlm BEDA MASA
membuthkan jangka WAKTU yg BERBEDA.

Malah kalau BD lokalan, bisa cuman sehari atau beberapa JAM saja,
asal dia sdh pegang MODAL (ratusan ato ribuan lot), dia tinggal
MENGGONDOL (bawa lari) itu saham!

Saya paham bahwa penjelasan ini belum menjawab pertanyaan anda,
menurut saya ini malah cuman PROLOG.
Untuk menunjukkan bicara BANDAR melakukan AKUMULASI itu "kursus"nya
nggak mungkin 1 SESI.
Hahaha....

Simplenya kalau dikaitkan dengan PERGERAKAN INDEKS ada contoh
begini...
Kalau terjadi CRASH (seringkali) itu dimanfaatkan oleh HEDGE FUND
sebagai proses ACC untuk kemudian OUT 1-3 bulan.
Tapi kalau utk INVESTMENT kadangkala bisa BER-BULAN2 karena ini akan
DIKELUARKAN dalam hitungan TAHUN.

Singkatnya semoga jawaban "ngalor-ngidul" ini bisa membuat anda
berpikir kira2 saham yg sedang anda INCER sdh diakumulasi berapa lama?
Sudahkan dia siap "dipanen"???

Kirim email ke