Menurut saya, menghitung target harga dengan cara tersebut adalah menghitung
'rough target' atau target kasar. Menurut Thomas Bulkowski, rata-rata target
penurunan harga dari pola Descending Triangle adalah 19% dari level
breakout. Dalam case ANTM, 2850-19%=2308.5 atau 2300 kalau disesuaikan
dengan fraksi harga di BEI.

Saya juga berharap, mudah-mudahan pola Descending Triangle (DT) ini bakal
fail.

Tapi agar kita tidak terlena oleh harapan, mari kita mencoba objektif
terhadap fakta-fakta historical tentang Pola DT sebagai berikut yang saya
kutip dari buku Encyclopedia of Chart Patterns karangan Thomas Bulkowski :

Pola Descending Triangle adalah salah satu dari Top 10 Bearish Technical
Chart Formations with highest most likely decline.
Menurut Thomas B dalam bukunya, jika masih belum terjadi downside breakout,
pola ini punya 45% kemungkinan untuk gagal. Tapi setelah terjadi Downside
breakout, maka failure rate untuk pola ini hanya 4% (kemungkinan gagal hanya
4% atau kemungkinan valid sebesar 96%), dengan rata-rata target penurunan
harga 19%.
Pada downside breakout, biasanya terjadi on very high volume. Tapi bisa juga
terjadi pada low volume. Menurut Thomas B, The volume trend does not conform
to the usual pattern for a Descending Triangle.

Point yang perlu diperhatikan, dari sekian pola DT yang diamati oleh Thomas
B, sekitar 20% mengalami premature downside breakout (harga kembali ke
kisaran level triangle). Hati-hati terhadap kemungkinan trap, karena dari
pola DT yang mengalami premature downside breakout tersebut, sekitar 53% yang
mengalami genuine breakout UP.
Adapun trap yang perlu diperhatikan lagi yaitu setelah harga turun tajam dan
mulai melambat ,ada kemungkinan (67%) akan terjadi pullback kegaris
horizontal triangle untuk kemudian turun lagi.

Best Regards,
Boy YR

On 7/20/08, JsxTrader <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  Untuk Long Term rasanya kita semua sepakat untuk menggunakan Log Scale…,
> nah apakah untuk pola Des Triangle ANTM yg terbentuk empat bulan lalu masuk
> kategori long term? Rasanya tidak.., so berarti kita pakai Linear Scale
> untuk menentukan target suatu pola..?? Hmmmmm, it's debatable…, dalam case
> ANTM, I would prefer pake LOG SCALE untuk menentukan target…. Alasannya
> sederhana saja, karena lebih REALISTIS…
>

> Ilustrasinya begini.., Bayangkan jika pola des triangle terbentuk sbb;
> harga terendah misalnya di 100…, hrg tertinggi misalnya 200.., jika
> [...]

Kirim email ke