Komen sedikit, ngisi liburan.

Untuk urusan minyak goreng katanya cogs nya tidak turun namun harga jual cpo
turun drastis. Ini mungkin yang bikin harga saham cpo jatuh.

cogs nya terdiri dari biaya angkut/freight, pengolahan, fertilizer, dsb.
Fertilizer mengambil sekitar 40% dari total cogs, dan harganya sudah di lock
(ada yang setahun, ada yang 6 bulan), dan fertilizer ini kenaikan harganya
nyaris 3x lipat dari tahun lalu.

Sedangkan untuk harga jual cpo, karena biasanya dijual spt model lelang,
maka patokan harganya diambil di harga spot, yang sangat volatile.

Masalah supply/demand fisik ga ada masalah, malah volume produksi naik
terus. Yang jadi sedikit masalah adalah cogs tidak turun mengikuti harga cpo,
yang selanjutnya mempengaruhi
IRR<http://en.wikipedia.org/wiki/Internal_rate_of_return>,
apalagi model IRRnya pake estimasi harga cpo yang terlalu tinggi. Akibatnya
kemungkinan banyak analis yang mau revisi target, walau rekomendasi tetap
buy (karena harga sekarang overshoot alias cenderung panic selling)

Perkiraan saya sektor agri akan kembali normal (=bullish) setelah minyak dan
cpo khususnya kembali ke harga wajarnya, mungkin awal tahun depan. Qtr 3
mungkin ada penurunan net income yang menurut saya wajar.

Kalau dari faktor negatif eksternal (diluar kemampuan emiten) adalah:
1. Penguatan USD
2. Panen raya -> oversupply
3. Penurunan harga minyak dunia
4. Kontrak futures banyak yang cancel (karena harganya turun, ngapain nebus
di harga tinggi, kurang lebih mirip warrant)

Sedangkan faktor positifnya:
1. Pajak ekspor turun
2. Produksi naik
3. Mudahan tahun depan inflasi turun jadi pupuk turun

Sepertinya sentimen negatif lebih banyak yah.. :(

Demikian komen singkat saya, mungkin bisa menjawab pertanyaan BOZZnya Mbah
kenapa harga minyak goreng ngga turun. Penyebab lainnya adalah produsen
lebih seneng jual di pasar internasional karena gainnya lebih gede dibanding
dijual di dalam negeri.

Glossary:
COGS=Cost of goods sold = biaya produksi
IRR = Internal Rate of Return = Perhitungan pengembalian nilai (yield) suatu
investasi

cmiiw

Regards,
DE

Pada 15 Agustus 2008 22:22, jsx_consultant