Ada yang beli, pasti ada yang jual, itu aturannya pak, nah sepertinya yang
bermain di pasar itu ada banyak jenis untuk tipe shorter, diantaranya

1. menjual barang sendiri dengan jumlah yang lebih banyak, lalu ambil/beli
dibawah, untuk mengurangi nilai portofolio. Biaasanya ini dilakukan oleh
para fund manager. Pada saat bearish market, pasar lebih banyak digerakkan
para FM

2.meminjam barang dari sekuritas, kena bunga lalu menjual di harga tinggi,
beli dibawah

Semoga membantu pak

Kirim email ke