jika kita melihat currency rates, kita selalu membandingkannya dg
mata uang lain. jd kl yg satu menguat, yg lain melemah. EUR/USD
turun, misalnya. apakah EUR yg melemah atau USD yg menguat?

dalam kasus ini saya cdrg memandang EUR & mata uang lain yg melemah.
ini karena extreme global fear.

ada 1 mata uang mayor yg terhadapnya, USD melemah 4% dlm hari ini
saja. itu adalah JPY. jadi dg menguatnya JPY thd USD, JPY menguat
banyak sekali thd mata2 uang lainnya.

scr tradisional, JPY dan CHF adalah currencies yg dianggap sbg "safe-
haven". CHF kali ini tdk naik krn swiss sendiri bermasalah.

EUR melemah krn problem yg dihadapinya lbh serius dr US. bank2 eropa
ada yg terlalu besar utk sebuah negara utk mem-bailout-nya
sendirian. ambil contoh Deutsche Bank, yg liabilitasnya 2T euro, yg
mrpkan 80% GDP Jerman. Jerman tak akan dapat menyelamatkannya
sendirian. bisa bayangkan kalau negara lain (misalnya perancis)
ikut2an bail out DB dg pake taxpayer money?? bisa dibayangkan
akibatnya?

kembali ke JPY, mata uang ini skr menjadi satu2nya safe-haven dr
global crisis ini. jepang tdk terlalu terkena masalah derivatif US,
jg inflation rate-nya relatif rendah. karena itu, menguatnya JPY ini
dapat diartikan bahwa ada extreme fear thd global economy.

semoga membantu.

--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, indra devista <[EMAIL PROTECTED]>

______