Assalamu'alaikum wr wb.,
Pak Darul dan sanak Yth.

Saya ikut nimbrung, karena masih membahas belum sregnya nama syariah dipakai
untuk sebuah nama bank.

Kalau ada bank syariah (bs) yang nantinya jebol, kita kan bisa bilang kenapa
bs lain bagus, kenapa bs di Malaysia bisa besar sampai bisa menarik dana
dari luar? Bicara soal bank yang sakit, bank BPI yang diurus oleh beberapa
tokoh
Muhammadiyah pun bisa masuk perawatan BI.

Saya kira sebuah bank yang sudah besar, seperti Mandiri, mendirikan bank
syariah didasarkan pada keinginan untuk bisa menjadi besar karena akan
dikelola
dengan baik. Jadi "niatnya" adalah "akan dikelola dengan baik" Kalau sudah
ada niat, kemudian ada upaya dan doa, mudah-mudahan berhasil dalam bekerja -
karena bekerja adalah ibadah, insya Allah ibadah ini dikabulkan.

Menurut pendapat saya, system perbankan syariah ini mempunyai keunggulan
yang lebih besar. Pertama karena konsepnya adalah bagi hasil, maka mereka
dituntut harus lebih transparan. Kalau saja saat ini sudah terjadi dan sudah
dilaksanakan tahunan, maka kinerja dan kesalahan bank setiap tahun harus
sudah diselesaikan ditahun tersebut, tidak sampai masuk ketahun berikutnya.
Apalagi kalau kedepannya pertanggung jawaban dilaksanakan lebih singkat,
misal tiap 6 bulan.

Kedua, dalam keadaan sekarang sistem bunga bank konvensional di negara maju
sudah kehilangan daya tariknya. Bunga bank sudah mendekati nol persen, jadi
menyimpan uang dalam jumlah kecil dibank makin lama makin habis dipotong
biaya jasa. Bank syariah tidak menjanjikan bunga tapi menjanjikan kerjasama
dari hasil usaha. Kalau bank bisa menghasilkan keuntungan, maka nasabah juga
akan menerima keuntungan. Tidak seperti bank konvensional dinegara maju, ada
bank di Amerika yang tetap menerima keuntungan, tetapi nasabah yang
menyimpan uang disana tidak memperoleh hasil bunganya. Karena bunga sudah
dipatok kecil, misal 2%, padahal masyarakat membutuhkan jasa bank untuk
banyak hal.

Mudah-mudahan komentar saya ini dapat sedikit mencerahkan pandangan kita dan
meningkatkan gairah kita untuk mengamalkan syariah Islam secara menyeluruh.
Sehingga pelan-pelan Indonesia sebagai negara dengan umat Islam terbesar
dapat memberikan kontribusinya yang berarti dalam membesarkan Islam. Dengan
bukti bahwa di Indonesia pun amalan berdasarkan syariat Islam bisa
berkembang dengan baik.

Wassalam,
Ridwan