kepada mas2 dan bapak2 yang terhormat

sebelumnya perkenalkan dulu nama saya andi,saat ini saya masih kuliah di
jurusan yang dulu namanya teknik permesinan kapal, namun saat ini berganti nama
menjadi teknik sistem perkapalan ITS (dept. of Marine Engineering ITS
Surabaya). Saat ini saya berada di semester 8 dan mudah2an semester depan lulus.

Pak&mas,di kampus saya belajar tentang sistem2 yang ada di kapal, mulai sistem
bahan bakar,pelumasan,dll.

saya ingin setelah lulus nanti saya dapat mengaplikasikan langsung di kapal
(ingin ikut berlayar alias jadi pelaut),karena menurut saya itu adalah cara
yang paling baik untuk mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari selama
kuliah,karena dengan menjadi pelaut kita akan berhadapan dengan permasalahan2
riil di kapal,dengan harapan sense engineering saya semakin terasah dan
ketrampilan sayapun akan meningkat.,

Namun ada sesuatu yang mengganjal dalam benak saya,dan saya berharap akan
mendapat penjelasan melalui forum ini :
1. Bisakah saya (tidak punya background pelau) menjadi seorang pelaut?
2. Prosedur apa yang harus saya lakukan untuk mendapat sertifikat pelaut?
3. Tolong dijelaskan tingkatan dalam sertifikasi pelaut,dan seumpama saya
 mendapatkan sertifikat itu,kira2 posisi saya dimana?
4. Posisi saya saat ini di Surabaya,instansi mana yang bisa saya hubungi
berhubungan dengan hal tersebut diatas?

Sekian dulu dari saya,saya sangat berharap penjelasan dari bapak2 yang
terhormat....