assalammu'alaikum ww,
salam sejahtera, semoga keberkahan senantiasa dilimpahkan padamu.

yth mas andi fahma.
berkenan kiranya jawaban saya dapat sedikit menggambarkan, bagaimana posisi
yang anda inginkan.:

1. mas, mengingat back ground anda tehnik, maka sesuai ketentuan kepelautan
   anda bisa mengikuti ujian "keahlian pelaut" di pip smg, pip makasar,
bp3ip jkt & stip jkt
   ( secara jelas lihat di pp no. 7 tahun 2000 tentang kepelautan atau
permenhub no. 80 tahun 1989 tentang
   pengawakan kapal niaga, silahlan dicari di internet )
   att.5 = dasar keahlian pelaut
   att.4 = dasar keahlian pelaut, dan di grt besar menjadi oiler/di kapal
grt kecil dapat menjadi masinis.
   att.3 = dapat menjadi masinis 2 / 3 pada kapal  pelayaran samudra
   att.2 = dapat menjadi masinis 1 / 2 pada kapal pelayaran samudra
   att.1 = menjadi kepala kamar mesin, untuk semua jenis kapal dan semua
pelayaran.
2. prosedurnya, pertama anda wajib mengambil bst & beberapa sertifikasi
keterampilan dasar lainnya.
   ( setelah berlayar dua tahun yang dibuktikan dari buku pelaut, anda bisa
mengambil sertifikasi keahlian
   pelaut yang lebih tinggi, demikian selanjutnya sampai jenjang att.1. )
   dan memiliki sertifikasi keahlian lainnya sesuai jenis kapalnya, dan
setelah berselang 2 tahun
   anda dapat mengambil sertifikasi keahlian yang lebih tinggi s/d att.1.
3. sesuai saran pak agus dan rekan saya ananta, anda nantinya setelah
mendapat s.1 ( bila tidak ingin berlayar )
   dapat bekerja di galangan kapal, di biro klasifikasi, dosen, peneliti di
perusahaan industri & pns.
   info rekan ananta, anda bisa tanyakan ke bp3ip di sunter jakarta. apa
ada persamaan kurikulum, untuk
   mengambil att.3 ( karena modul mata kuliah akademi/sekolah tinggi
pelayaran sampai dengan tingkat :
   pemeliharaan dan pengoperasian, sedangkan jenjang s.1 seperti dari its
adalah merancang.
4. di surabaya, setahu saya ada bplp surabaya untuk mengambil sertifikat
keterampilan.

demikian sekilas info dari palembang, semoga berkenan.

wassalammu'alaikum ww,