Dear moderator,

Nampaknya menarik sekali posting dari rekan kita ini, dan saya
tertarik sekali apabila memang topik ini dapat dibahas dan
mendapatkan solusi yang jelas buat siapa saja yang ingin mengetahui
dunia kepelautan dan ingin menjadi pelaut / sesuai motto group.(
atau memang pernah dibahas , mohon maaf kalau saya tidak
mengikutinya )

Seperti diketahui , BP3IP telah mengadakan kerja sama dengan
beberapa Perguruan Tinggi dalam peningkatan kearah kesarjanaan.
Sebaliknya, benar sekali dan adalah sangat fair, apabila timbul
pertanyaan dari rekan kita ini.

Mudah2an, Topik ini dapat dibahas bersama dan memberi jalan
keluarnya.( Bahan2 ini akan saya kumpulkan dan akan saya angkat ke
beberapa situs kepelautan kita )

Terima Kasih,

Ananta
visit http://www.indocrews.com

--- In pelaut@yahoogroups.com, andi fahma <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kepada mas2 dan bapak2 yang terhormat
>
> sebelumnya perkenalkan dulu nama saya andi,saat ini saya masih
kuliah di jurusan yang dulu namanya teknik permesinan kapal, namun
saat ini berganti nama menjadi teknik sistem perkapalan ITS (dept.
of Marine Engineering ITS Surabaya). Saat ini saya berada di
semester 8 dan mudah2an semester depan lulus.

> Pak&mas,di kampus saya belajar tentang sistem2 yang ada di kapal,
mulai sistem bahan bakar,pelumasan,dll.

> saya ingin setelah lulus nanti saya dapat mengaplikasikan langsung
di kapal (ingin ikut berlayar alias jadi pelaut),karena menurut saya
itu adalah cara yang paling baik untuk mengaplikasikan apa yang
telah saya pelajari selama kuliah,karena dengan menjadi pelaut kita
akan berhadapan dengan permasalahan2 riil di kapal,dengan harapan
sense engineering saya semakin terasah dan ketrampilan sayapun akan
meningkat.,

> Namun ada sesuatu yang mengganjal dalam benak saya,dan saya
berharap akan mendapat penjelasan melalui forum ini :
> 1. Bisakah saya (tidak punya background pelau) menjadi seorang
pelaut?
> 2. Prosedur apa yang harus saya lakukan untuk mendapat sertifikat
pelaut?
> 3. Tolong dijelaskan tingkatan dalam sertifikasi pelaut,dan
seumpama saya        mendapatkan sertifikat itu,kira2 posisi saya
dimana?
> 4. Posisi saya saat ini di Surabaya,instansi mana yang bisa saya
hubungi berhubungan dengan hal tersebut diatas?