Mas Aji,

Makasih infonya. Kalo kebetulan KBRI dekat dgn pelabuhan sih nggak
apa2. Kalau kaya misalnya ROMA yg cukup jauh dari pelabuhan2 di Itali
kan brabe. Mungkin ada bagusnya kita buat semacam daftar KBRI dengan
persyaratan dan tarif serta lamanya pembuatan paspor baru.

BTW saya sudah punya NPWP sejak kerja didarat. Karena ya diharuskan
juga. Bikin SPT tiap tahunnya ini yang malas. Setelah mempunyai warteg
(perusahaan) sendiri ya mau nggak mau harus bayar pajak. Saya berusaha
untuk selalu bayar Pajak sesuai dengan peraturan. Kesal sih memang
kesal. Karena kita tidak merasakan manfaat langsung. Mau pinjam alias
ngutang untuk modal saja susahnya minta ampun. Maunya sih pembayar
pajak yang baik harusnya mendapat prioritas. Ini baru salah satu
contoh saja.

Memang saat ini kita membayar pajak berdasarkan laporan/versi kita
sendiri. Maunya sih kalau ada kekurangan ya dibina oleh Pajak.
Terkadang mereka kaya Polisi yang sembunyi dibalik pohon.

Mudah mudahan pajak yang saya bayar bisa bermanfaat bagi kita semua.

Salam

--- In pelaut@yahoogroups.com, August Ajidharma <aajidha...@...> wrote:

> mas budiman....
> mnrt sy sblm off buat sj passport yg br diKBRI spore,disamping lbh
murah cm S$45 dan ga byk tetek bengek yg bikin pusing kepala bila buat
didlm negri,bw surat dr agent seaman book aggrement krj,aman deh.....