Mencap suatu daerah sebagai benalu merupakan suatu penghinaan terhadap
suku tsb. Apakah kemudian karena Irian dan Aceh mau melepaskan diri juga
dapat disebut benalu?? Ini namanya menyinggung teman sendiri. Pemerintah
dan ABRI kita perlu intropeksi, kalau daerah-daerah pada teriak mau
bikin negara merdeka ataupun melepaskan diri dari RI pasti ada
alasannya, terutama tidak diperlakukan adil bahkan banyak rakyatnya yang
dihantam melalui kekerasan.
Karena itu sekali lagi usulan PAN atas negara federasi perlu
dipertimbangkan agar ada pemecahan soal masalah pemerataan pembangunan
ini. Saya kira partai-partai lain tidak perlu malu untuk menggunakan
program-program yang baik sebagai programnya. Yang perlu dipikirkan oleh
pimpinan-pimpinan kita adalah mengakomodasi semua solusi dan pemecahan
yang baik untuk dilaksanakan demi kepentingan bangsa ini.
peace.