Karena di sini juga banyak orang Telkom, saya nanya di sini aja ya
....makasih...

Bang YW dan para Telkomers yang lain :

Long Distance 20 km - 30 km, atau 30 km - 200 km ....itu dihitung dari
jarak yang menghubungkan dua titik pembicaraan (misal rumah saya ke rumah
Bang YW).....atau jarak antara dua sentral terdekat dari dua titik
pembicaraan  (misal sentral saya ke sentral Bang YW)

Yang namanya JARAK itu adalah jarak garis lurus antara dua titik, atau
panjang bentang kabel yang digelar yang menghubungkan dua titik.

Pasti hebat sekali program di sentral telepon yang bisa menghitung JARAK
pembicaraan dari 2 titik (baik itu garis lurus maupun bentang kabel)

Yang bukan Bang YW atau orang telkom juga boleh jawab kalau tahu....makasih

Smile,
Hadeer.

Yw: Sejauh yg saya tahu (mungkin informasi saya juga nggak akurat,
    karena saya berkecimpung di sistem billing udah tahun 96 dulu),
    Jarak itu dihitung dari sentral ke sentral. Misalnya saya
    bicara dari Jl Sumatra (Bandung) ke stasiun Jatinegara (Jkt),
    ya dihitung dari sentral Bandung (Jl Lembong) ke sentral
    Jatinegara II (di Prumpung, Jl DI. Panjaitan). Jarak yang
    dipakai: Tiap-tiap sentral itu ada koordinat
    (lintang/bujur)-nya, dan hitungan didasarkan atas selisih
    lintang/bujur itu (jadi setara jarak udara).

    Salam.