Mas Abu,

Kalau diskusi yang anda maksudkan adalah caci-maki diantara umat beragama,
maka saya setuju dengan anda bahwa hal itu tidak kita perlukan samasekali.
Namun kalau diskusi yang dimaksudkan adalah dialog antar umat beragama, saya
merasa justru inilah yang dibutuhkan Bangsa Indonesia untuk dapat mencegah
dari kehancurannya.

Saya beranggapan bahwa caci-maki itu terjadi karena beberapa hal:

1. Diskusi agama yang terjadi di milis ini lebih melihat materi diskusi dari
kacamata religius secara dogmatis semata-mata, yaitu hubungan antara Tuhan
dengan umat manusia, tetapi kurang menyentuh aspek sosialnya, yaitu hubungan
antar manusia. Akibatnya sudah tentu tidak ada titik temu diantara
pihak-pihak yang berbeda agama, karena konsep mengenai Tuhan, surga, dosa,
ibadah dsb diantara agama sangat berbeda.

2. Pendidikan agama di Indonesia (di sekolah maupun tempat ibadah) hanya
terbatas kepada pendidikan religius kepada pemeluk agama itu masing-masing,
tidak pernah diajarkan sebagai ilmu pengetahuan. Ajaran agama di sekolah
dapat diberikan lebih sebagai suatu ilmu pengetahuan, sehingga setiap siswa
apapun agamanya dapat memperoleh pendidikan mengenai sejarah dan penyebaran
Islam, Kristen, Hindu dan Budha di dunia maupun di Indonesia, prinsip dan
hukum yang dianut oleh agama itu, proses ibadah dan upacara agama dsb.
Sebaliknya, ajaran agama yang sifatnya religius dapat diserahkan kepada
rumah ibadah atau organisasi agama masing-masing. Bukankah kita mengenal
pepatah yang mengatakan "Tak kenal maka tak sayang".

3. Ketidakdewasaan yang dimiliki oleh peserta diskusi di milis ini justru
terjadi karena mereka memang tidak terlatih dalam mengadakan diskusi
mengenai topik-topik yang berkaitan dengan hubungan antar agama. Hal ini
pula yang terjadi dengan masyarakat di Ambon, Mataram dan seluruh penjuru
Indonesia. Oleh karena itu, jalan keluar yang diperlukan adalah memberikan
kesempatan lebih besar untuk dialog diantara umat beragama itu, bukan justru
membatasinya atau melarangnya. Saya yakin bahwa diskusi dan dialog,
seberapapun panasnya, justru akan dapat mengurangi amarah dan emosi yang
kalau tidak tersalurkan malah akan jauh lebih destruktif.

Rekomendasi:
1. Diskusi hendaknya lebih mengarah kepada aspek hubungan umat antar agama,
bukan hanya terfokus kepada ajaran agama masing-masing secara dogmatis.
Untuk itu masing-masing peserta diharapkan bersedia untuk "mengenal" agama
lainnya sebelum "nimbrung" dalam diskusi itu. Analoginya sederhana saja,
apakah anda dapat mempresentasikan makalah di universitas mengenai suatu
topik tanpa pernah membaca atau mempelajari referensi mengenai topik itu.

2. Disamping diskusi dalam milis internet, setiap cabang Permias hendaknya
memiliki program dialog antar umat beragama dalam kegiatannya. Diskusi itu
hendaknya dilakukan secara terbuka dan dengan aturan main yang jelas,
seperti adanya moderator, dilarang menggunakan kata-kata yang tidak senonoh
dsb. Topik diskusi dapat dipilih misalnya Peristiwa Ambon, Adakah Islamisasi
atau Kristenisasi di Indonesia, dsb. Hasil diskusi ini dapat dilemparkan ke
milis sehingga bisa diketahui oleh kalangan yang lebih luas.

Demikian saran saya kepada para anggota Permias.

Salam
Mahendra