Salam Permias,

Lae Togu Tobing (E-mail) <[EMAIL PROTECTED]>:

> Melanjutkan diskusi melamar H-1B dari Indonesia/luar US, ada beberapa
> hal yang saya belum jelas benar:

> 1. Apakah ybs harus sudah kerja dulu di US (memakai OPT) atau ini juga
> berlaku untuk yang belum mulai kerja/hanya mempunyai acceptance letter
> dari organisasi yang memberi pekerjaan?

Sependek pengetahun saya, H-1B bisa diperoleh baik yang sudah memakai OPT
(Optional Practical Training) ataupun tidak.
Kalau mahasiswa Indonesia yang belajar di Amerika, biasanya memakai OPT
setelah lulus kemudian H-1B.
Kalau rekan-rekan sedang di Indonesia dan kemudian bekerja di Amerika,
biasanya langsung H-1B.

OPT lebih mudah didapat karena tidak memerlukan adanya organisasi/perusahaan
yang akan memperkerjakan kita. Untuk OPT, kita hanya berurusan dengan
International Student Office sekolah kita dan INS.

H-1B lebih susah didapat karena perlu adanya organisasi/perusahaan yang
memperkerjakan kita. Perusahaan/organisasi itulah yang melamarkan visa H-1B
untuk kita. Saat ini, kita tidak bisa melamar H1-B tanpa adanya
perusahaan/organisasi yang memperkerjakaan kita.

> 2. Siapakah yang mengeluarkan visa, INS (di US) atau kedubes lokal?

INS di US hanya mengeluarkan approval notice (istilah kerennnya: Form I
797A) bahwa lamaran H-1B disetujui.
Approval Notice ini selanjutnya di bawa ke Kedutaaan/Konsulat Amerika untuk
mendapatkan visa H-1B. Kedubes Amerika berhak menolak permohonan H-1B
walaupun INS sudah menyatakan persetujuannya.

> 3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurusnya?

Mengurus approval notice bisa memakan waktu 2 - 3 bulan.

> 4. Jika mengurus di Kanada/Mexico (dengan appointment), bagaimana
> caranya keluar masuk kanada/mexico, apakah perlu visa kunjungan dlsb.
> Apa konsekuensinya juga kalau applikasi ditolak?

Saya enggak begitu mengerti masalah ini karena enggak pernah melakukannya.
Yang jelas, lebih aman jika kita ke Kanada atau Mexico sewaktu visa kita
yang lain (misalnya F-1) masih berlaku.
Jadi, seandainya lamaran untuk visa baru ditolak, kita masih bisa balik lagi
ke Amerika ..:(

Mohon kesediaaan teman-teman untuk memperbaiki dan menambahi keterangan
diatas.

Karena saya akan ke luar kota, mohon maaf jika saya tidak bisa menanggapi
email selanjutnya.

Jabat erat,

Ahmad Syamil
Jonesboro, AR