On Fri, Oct 01, 2004 at 05:18:37PM +0700, Eeng wrote:
> Ini aku ngga tahu bagian mana yg relevan jadi aku kirim semua.
> Mudah2an ada jalan keluarnya. Trim's loh buat semua.

Itu bukan log dari mail server.

By default Postfix mengirim log ke syslog. Letak tepatnya untuk mail
bisa berbeda2 tergantung system yg anda pake. Coba /var/log/maillog
/var/log/mail /var/log/mail.log atau /var/log/messages. Buka satu
term/console yg menjalankan 'tail -f /var/log/maillog' sambil coba
kirim lagi atau telnet 25, lalu lihat ada pesan apa yg keluar di log,
ya itu yg relevan.

Selain dokumentasi dari system/distro anda mengenai syslog, silakan
baca ini juga: http://www.postfix.org/DEBUG_README.html

Ronny