Dear All,

Salam sejahtera, salam kenal untuk semua dari saya J.S Setyo H.Wibowo (wei)
Terima kasih untuk owner atau admin postfix indonesia yang sudah menyediakan
mailing list ini untuk kita dapat sharing pengalaman, tips&tricks, dan
lain-lain...

Pada kesempatan ini saya hanya ingin mengajukan sebuah usul yang mungkin tepat
bagi kita semua, yaitu: selain adanya sarana mailing list ini, postfix
Indonesia juga mempunyai sarana MUC(multi-users chat) yang adalah sebuah
on-topic (postfix topic tentunya) community forum yang life/realtime room dan
chat bersama-sama, sebagai sarana users to users realtime sharing. Saya yakin
kedua KOMBINASI mailing list dan MUC/room, sangat membantu kita semua untuk
menemukan solusi dari permasalahan postfix yang mungkin sedang dihadapi.

Saya mewakili Organisasi Non-Profit Jabber/XMPP Indonesia (refer root-org:
http://www.jabber.org dan http://www.xmpp.org) merasa sangat senang sekali jika
postfix users,moderators,admins,owner dari komunikas mailing list ini..juga
ikut bergabung membentuk/meramaikan sebuah room postfix diserver kami.

Clients software yang tersedia world-wide:
1. Miranda-IM, untuk windows computer.. download link:
http://www.sendspace.com/file/op701f (own-modification dari jabberid.org,
awalnya untuk teman2 di plasa.com messenger, tapi saya rasa masih relevan dan
mudah di-adjust) atau jika ingin melihat/memodifikasi sendiri di
http://www.miranda-im.org
2. Gajim, the best for Linux base computer http://www.gajim.org/downloads.php
3. Adium http://adiumx.com/ atau iChat
http://www.apple.com/macosx/features/ichat.html untuk Apple MacOS
4. BombusMos http://bombusmod.net.ru  running on Java Midlet pada mobile
device/handphone.. (favorit saat mobile)

Howto: karena cakupannya sangat luas untuk masing2 software diatas, berikut
adalah prinsip-prinsip how-to secara garis besar:
1. Registrasi / buat account baru di server yang dituju: jabberid.org
(pastikan hanya TLS atau zlib compression, yang akan digunakan untuk koneksi ke
server jabberid.org.. pastikan juga port tujuan: 5222)
2. Setelah registrasi berhasil...silakan konek / online (kegagalan biasanya
karena ID yg ingin Anda gunakan sdh digunakan (conflict) , penyebab lain adalah
port 5222 kemungkinan ter-block oleh firewall local computer atau network Anda)
3. Lakukan Browse Service untuk server jabberid.org. semua transport dan
service akan tampil.. pilih service: conference kemudian browse..  maka
room-room yang ada didalam conference akan tampil, silakan cari dan join ke
room: postfix
4. Join ke room juga dengan cara membuat bookmark langsung room yg dimaksud:
nama room: postfix
server: conference.jabberid.org
nick: <nick-anda>
password:  (tidak diperlukan / dikosongkan saja, karena room postfix terbuka
untuk umum)
.. kemudian double-click bookmark room yg baru saja dibuat..

Semoga kombinasi Mailing List ini dan Multi-Users Chat Room dapat menjadi
kombinasi sarana yang sangat bermanfaat bagi kita semua..

Berhubungan dengan postfix... sebenarnya ada sedikit kendala dalam konfigurasi
server smtp: mail.jabberid.org  untuk bisa mengirimkan email ke domain2 diluar
jabberid.org.. segera setelah sesi email ini..

Salam,
J.S Setyo H.Wibowo
Jabber/XMPP Indonesia Org.
jid: [EMAIL PROTECTED]