Nah, seperti yg disampaikan oleh sdr Tio sendiri, ada paspor hijau
utk ini, ada biru utk itu, ada coklat utk yg lain lagi
kan.....toh tujuan dan alasan dibelakang paspor tsb berbeda2
peruntukkannya.....

Nah klo dlm hal yg satu ini, anda DIBERIKAN paspor biru dalam rangka
sekolah bukan krn tugas SPJ etc, tapi SEKOLAH, nah kemudian anda
berencana utk buat paspor dlm rangka yg sama tp dg warna yg berbeda
tanpa MEMBATALKAN paspor sebelumnya, nah loh.........
Ntar data di Setneg et deplu gimana dong mas.......
Apa gak rancu tuh......ini dilakukan selain utk mempermudah
monitoring dan menghindari agar tdk disalahgunakan saja.....

Ini merupakan aturan baru yg diterapkan oleh setneg mulai th 2007
bhw perpanjangan paspor hrs dg melampirkan srt dr mrk, nampaknya
juga merupakan cara bg mrk utk memonitor, krn banyak juga yg
sekolahnya pamit ke mrk tp setlh selesai (ato mungkin gak selesai)
gak keliatan, ada pula yg lgs kerja, ada yg ilang gak jelas
statusnya, ada yg ngabur pindah kerja di propinsi lain dll(ada teman
saya yg lgs menikah dg org setempat dan tdk lapor) banyaklah
kasusnya, jd menurut saya sangat bisa dimengerti sekali, kan mereka
gak cuma ngurus 1 orang saja tho??

Nah emang sih ada org yg hobi koleksi perangko, coin, tanaman, namun
ada pula yg hobi koleksi paspor, tp utk yg terakhir ini ada aturan
mainnya.

Seperti halnya saya, saat kami bekerja di deplu, kami dipersenjatai
dg paspor hitam utk tugas SPJ dg judul paspor sebagai pejabat deplu-
indonesia, kemudian saat kami posting ke luar kami diberikan paspor
hitam lagi yg beda judul dan peruntukkannya yaitu attached ke
perwakilan kita diluar negeri alias pejabat perwakilan indonesia,
paspor yg pertama hrs dibatalkan atau dikembalikan ke deplu tdk
boleh dipakai saat posting, nah saat kami kembali lagi ke tanah air
selesai tugas di perwakilan, kami hrs mengembalikan paspor tsb, dan
jika perlu (dikeluarkan saat memang ada tugas SPJ keluar negeri saja
jd tdk otomatis)akan diberikan paspor baru lagi saat akan tugas/SPJ,
and so on......
Utk urusan pribadi saya hrs pake paspor dg warna lain, krn
tujuan dan alasannya beda!!! Saya tdk boleh pake paspor hitam
saat pergi jalan2 ke australia menjenguk sdr dll......

Anyway, seperti yg sdh saya sampaikan sebelumnya klo utk
sekedar membuat dokumen yg sekuat paspor hanya agar anda bisa
meneruskan dan menyelesaikan studi di Belgia dg SAH, anda bisa ke
KBRI koq, minta dibuatkan SPLP saja yg akan berlaku sampai anda
selesai sekolahnya 1-2 tahun.
Bisa juga khusus mampir ke KBRI, monggo ditanyakan yg lebih detail
dengan pak BAyu dan pak SIgit, klo takut gak ketemu bisa telp dulu
bikin janji ama mereka koq. Biar lego, dirembug mawon, lha monggo
sowan ke KBRI......

Tapi klo mau sekalian pulkam, ya monggo silahkan saja, cuma saya
kasih tips ya (ini juga asalnya dr temen yg kerja di imigrasi) kalo
mau bikin paspor hijau disana, lengkapi diri dg print out aturan
keimigrasin yg terdpt di www.imigrasi.go.id, ini bisa anda pake utk
argumentasi anda saat membuat paspor hijau tersebut, sah sah aja
koq.
Dan coba urus sendiri aja dulu, gak usah pake calo, krn mereka sdg
menggalakkan proses keimigrasian yg bersih. Mari dibuktikan saja apa
bener sdh jalan ato masih kurang.

Kebetulan kami sdh mencobanya tahun lalu waktu mengajukan permohonan
paspor untuk pembantu, kami jabani tuh a-z nya, dan alhamdulillah 2
hari jadi, even tho we had to stay there di kantor imigrasi Bogor
for hours but worth it koq, jadi silahken ya........(tapi
untung2anlah, kan lain ladang lain ilalang ya kan)

OK, good luck......

PS: sesuatu hal yg selama ini tdk ketahuan/ ditegur/dikenakan
sanksi/denda/penjara et bukan berarti adalah sesuatu yg benar
lho......he he eh eh he he

Kirim email ke