Banyak theolog yang bicara dengan saya mengenai masalah wahyu ini,
mengatakan, ketidak mampuan sains menelaah wahyu, karena keterbatasan
dimensi akal kita.

Sebagai contoh, banyak sekali fenomena2 physika yang disuatu waktu
dianggap dongeng, tapi ternyata benar dan dapat dibuktikan ratusan
tahun kemudian.

Bayangkan, dalam kegelapan Europa diabad pertengahan, ilmu kimia
dianggap ilmu sihir. Juga kenyataan bahwa dunia ini bulat, dianggap
tak mungkin.

Yang saya lihat dari Injil, adalah masalah usia bahasa yang dipakai.
Bayangkan, bahasa Aram yang dipakai dizaman Kristus hidup, tak lagi
dipakai sekarang. Lalu ditejemahkan dalam bahasa Yunani yang agak
kuno, ketika murid2 Kristus menyeberang dari Tanah Suci ke Yunani.
lalu diterjemahkan kebahasa Latin, sebuah bahasa yang sudah tak
dipakai, lalu ke-bahasa2 masing2 nation.

Menguji keabsahan kitab suci atau wahyu adalah sulit, karena hanya
Allah yang tahu, mana yang benar2 absah. Tak ada satupun methoda
ilmiah yang dapat dipakai. Ilmu tehologia satu agama, hanya mampu
menembus kebenaran dalam agama itu sendiri.

Dan, agama, hanyalah jalan, tujuan kita semua adalah Allah sang
Khalik.

Salam

RM D Hadinoto

--- In [EMAIL PROTECTED], RG Nur Rahmat <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Maksud saya apakah kitab sucinya itu compatible dengan sains atau
bertentang mungkin ada beberapa ayat di kitab sucinya yang masih
belum bisa dijabarkan oleh sains seperti yang metafisik tetapi
pernyataan-pernyataan yang ada di kitab sucinya dengan yang sudah
bisa dibuktikan secara saintifik apakah bertentangan atau saling
menguatkan?

> Disini bisa kita tarik kesimpulan mana agama wahyu mana agama
buatan manusia. Karena manusia bukan pencipta alam pastilah ada
pernyataan di kitab suci buatan manusia itu yang bertentangan dengan
penemuan-penemuan sains.

> [...]
amalkan,
> dan menuntun hidup kita dalam ber-sains, ya mudah2an OK lahh
>
> Saya sampai sekarang jalankan kehidupan saya sesuai dengan ajaran
> Protestant, dan dikantor memakai alat2 sains. Banyak kisah2 yang
luar
> biasa, tak bisa dicerna oleh nalar, ya imani sajalah, atau anggap
> saja itu metafora, silakan...
>
> Salam
>
> RM Danardono HADINOTO
>

> --- In [EMAIL PROTECTED], RG Nur Rahmat
> semua agama adalah agama wahyu atau hanya hasil kreasi manusia?

Mu,
> Nur
> kami, yang
> yang