Bung Razi,  terimakasih.  Semoga juga Allah mencurahkan rahmat-Nya pada
anda.

1.  Senang juga saya mengetahui kesadaran anda dan tim anda, memang larangan
ini-itu
     dan aturan ini-itu di dunia maya ini nggak ada pengaruh apa2,  nggak
salah memang memiliki
     harapan,  tapi karena sifatnya maya maka aturan itu nggak perlu
mengikat.
2.  Saya juga suka hal yg simpel, sederhana, to the point, bicara gamblang,
terbuka  atau main
     langsung2 saja.  Saya tidak suka bicara atas nama sopan santun kalau
dengan cara seperti
     itu berarti menutup-nutupi fakta dan kebenaran.  Sopan santun bagi saya
mengekang seseorang
     menggambarkan hakekat kebenaran.  Seumpama hitam,  maka saya akan
bilang hitam.  Kalau
     saya katakan hitam itu abu-abu,  maka wujud kebenaran di situ raib
dimakan kesopanan
     yang absurd.
3.  Soal SARA,  kalau semua orang mampu bicara apa adanya dan bebas,  maka
bisa dilihat
     persoalan yang sebenarnya.  Kalau begitu takut bicara yg berbau SARA,
selamanya soal seperti
     ini seperti "api dalam sekam".  Anda dan tim anda berusaha menciptakan
suasana harmonis
     dengan aturan SARA itu,  tapi bersamaan dengan itu anda lupa kalau anda
tidak pernah
     beranjak dari posisi anda secara terbuka menghadapi realita si seputar
SARA. Issue2 SARA
     harus dibiarkan ada dan muncul,  tinggal kita-kita melihat mana yg
merupakan relaita dan fakta.
     Kalau pun di situ ada hal yg meragukan,  apa tidak mungkin untuk
didialogkan?  Milis ini ada
     untuk sarana dialog, bukan?
4. Tentu saja saya akan menganggap kebancian sifat2 yg tidak fair.  Misal,
semua tulisan saya yg
     saya posting di hari yg sama tidak masuk ke inbox saya.  Eh,  tak
tahunya saya sudah lihat ada
     beberapa yg merespon tulisan saya.  Saya melihat hal ini tidak fair.
Tidak cukup alasan untuk
     menilai postingan saya bersifat provokasi,  siapa yg terprovokasi
sebetulnya? Tapi sebaliknya,
     kalau main banning itu memang tidak ada,  maka anggapan saya seperti di
atas tentu saja bisa tidak
     ada.
5.  Kalau tidak dibanning,  terimakasih untuk itu. Sebelumnya kenapa saya
sempat menganggap saya
     dibanning, karena memang saya tidak melihat postingan saya masuk.  Saya
usulkan kalau ada
     psotingan yg menurut selera moderator PPIINDIA ini "tak layak",  si
penulis dihubungi dan tim
     moderator bisa kasih saran seperti apa postingan itu mesti direvisi.
Jangan main pangkas, sementara
     si pemosting tidak tahu apakah dibann atau tidak tulisannya.
6.  Saya mau menunjukkan pada anda dan tim moderator lainnya,  tidak ada
alasan untuk takut dengan
     segala jenis tulisan yg berbau SARA.  Takut karena apa?  Orang yang
aktif atau tidak di suatu milis
     adalah org yg bukan baru kemarin memulai kebiasaan membaca.  Jadi semua
org tahu di sini bagaimana
     harus melihat persoalan yg bersinggungan dengan SARA.
7.  Anda bisa saja melihat tulisan saya arogan dan sarkastis.  Tapi saya mo
bilang pada anda,  saya tipe
     org yang akan bilang pelacur itu pelacur,  bandit itu bandit,  lonte
itu lonte.  Saya tidak akan memanipulasi
     fakta dan hakekat demi bersopan-sopan ria dengan mengatakan pelacur itu
wanita tuna susila, wanita pekerja seks,
     wanita kupu-kupu malam.  Anda lihat sendiri kata bentukan baru untuk
arti pelacur malah mengaburkan
     fakta dan hakekat kepelacuran itu. Mengejar kesopanan dengan memakai
kata seperti pekerja seks malah
     absurd. Pelacur itu pelacur dan lonte itu lonte.  Tidak ada alasan
mengapa demi kesopanan kata itu
     harus diucapkan sebagai wanita tuna susila.  Apakah penggunaan kata
baru itu merubah keadaan si pelacur?
8.  Saya suka sekali melihat anda mengatakan dunia maya yang "civilized".
Oh yes!   Civilized.
     Boleh saya mengingatkan anda bung Razi?  Sudah 60 tahun bangsa ini
dipimping org2 yang ngaku
     civilized loh!  Mereka pakar di bidangnya dan tidak sedikit yg pangkat
kedoktorannya didapat dari
     luar negeri.  Mirip seperti anda yg lagi mencoba menggondol predikat
kedoktoran di India.  Tapi
     pakah anda lupa apa yg telah dilakukan oleh org2 civilized ini?
Butakah mata anda melihat kalau di dunia
     ini kejahatan dan kebangkrutan moral dilakukan malah oleh org2 yg
mengaku "civilized"?  Coba anda
     tunjukkan koruptor mana di Indonesia yg tidak mengaku "kaum civilized"?
Soharto itu cukup terkenal
     dengan watak civilizednya,  tapi apa yg akhirnya dibuat rezim ini pada
bangsa ini?  Si haram jadah George Bush
     itu kurang apa civilizednya?  Tentu anda tahu apa yg dibuat si Bush
kelompok manusia civilized ini.
     Sebaliknya coba      anda bawa bukti satu saja kalau kebangkrutan
ekonomi dan merajalelanya korupsi
     dilakukan oleh preman gembel jalanan,  yang menurut anda jelas
uncivilized,  bukan?

Oke.  Bagaimanapun juga terimakasih anda telah merespon tulisan saya.

Salam,
HP