Mas Arcon, moga-moga ini bisa jadi kumpulannya juga...:-)

********
Ini hanya sebuah cerita seorang Arab yang tidak mengerti sama sekali
tentang Demokrasi dan bertanya kepada rekannya yang orang Inggris,
karena Inggris dipakai sebagai contoh negara demokrasi terbaik. Si
Arab ini memaknai Demokrasi sebagai "peraturan hidup berkelompok"
tapi dia sadari bahwa bukan makna ini yang dipahami oleh rekannya si
Inggris. Lalu si Arab bertanya kepada si Inggris,"apa makna dan
bagaimana prakteknya".

Si Inggris menjelaskan prakteknya bahwa rakyat yang mengutus
perwakilan ke Parlemen untuk berbicara atas nama mereka. Dijamin
bahwa wakil-wakil ini tidak akan menerima suap. Partai-partai ini
akan menggunakan tokoh politik penggerak yang berusaha menarik
anggota lainnya utk bersuara sesuai dengan garis partainya. Lalu si
Arab bertanya,"bukankah disini ada kesempatan untuk korupsi (money
politic)?" Jadi, bisa saja partai yang berkuasa/memerintah
sebetulnya hanya mewakili suara minoritas.

Hmmh..lagi-lagi korupsi. Apakah betul tidak terjadi korupsi di
Majelis-Majelis terhormat di Inggris maupun di Amerika. Mungkin
saja terjadi, namun masalahnya rakyat hidup makmur secara materi.
Apakah rakyat makmur karena sistem Demokrasi tsb? Atau bukan karena
pemerintahannya telah berhasil menjajah negara lain dengan cara yang
lebih canggih yang dikenal sebagai 'neo-neo' tsb?

wassalam,