Sepertinya ada pemisahan antara takwa dengan niat. Padahal hubungan
keduanya laiknya sumber dan hasil. Maka wajar jika ada ulama yang
berpendapat bahwa niat itu bisa dikatakan separu agama; karena
urgensitasnya itu. Niat sebagaimana dalam bahasa dan sumber
otentiknya harus disertai dengan amal (kerja)nya. Sehingga jika
belum dikerjakan belum bisa dikatakan niat tapi masih berupa
keinginan (bahasa Arabnya "Hamm"). Ada sebuah hadist yang berbunyi "
fa man hamma bi hasanatin...(HR. Bukhari Muslim)"(Barang siapa yang
berkeinginan untuk melakukan sesuatu kebaikan, namun realitanya ia
belum bisa mwlakukannya, maka baginya satu pahala, barang siapa yang
bisa mengerjakannya (disebut niat) maka ia mendapatkan pahala yang
berlipat...). Perlu menjadi catatan bahwa hadist ini tidak
menganjurkan bahwa seorang itu cukup hanya berkehendak tanpa
bekerja, namun konteknya adalah penghargaan Islam terhadap keinginan-
keinginan untuk berbuat baik agar perbuatan itu semakin subur.

Itu sementara. Mba Lina dkk, bisa dikoreksi jk ada kekeliruan.

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> [...]
artinya
> amal itu?
>
> Kita sholat dan puasa biar disayang mertua, adakah artinya amal
spt
> itu?
>
> Bahasa arabnya,"inna 'amalu binniyah" Segala amal itu bergantung
> niatnya (gak tau ayat gak tau hadist deh tuh). He..he..mau menikah
> aja niatnya harus karena  cinta Allah dan Rasulnya kok, bukan
> karena 'cinta-cinta'an...:-)
>
> wassalam,
>

> --- In ppiindia@yahoogroups.com, partogi samosir

> terpenting adalah taqwa/amal kita, bukan niat kita.

Tapi

3. Lihat arsip sebelumnya, http://dear.to/ppi