pak Nugroho,

Speaking abt yehovah n mormon, did u ever read their Book n their teaching
n compares it with Bible ?, or even have a discussion with them abt their
doctrine? i had..

pak, mormon, yehovah n unitarian church,  memang dalam pelaksanaan
ajarannya tidak melanggar hukum seperti children of god, tp yang saya
maksud adalah pengakuan mereka dimana they claimed that their teaching re
part of christianity..., bcs if u study the bible correctly n
comprehensively u will see that they re not part of christianity
perkembangan mormon dan jehovah, freemason sangat pesat di US, pusat mormon
di Tulsa oklahoma, n jehovah is well-estabilish organization, their
foundations/organization re very strong financially, pak...buat saya semua
agama or aliran kepercayaan manapun is legal, they have a right to practice
their faith freely.

pak melihat banyaknya timbul berbagai aliran2 baru yang mengclaimed
alirannya sebagai part of christianity bukanlah hal yang perlu ditakutkan,
setiap orang punya hak utk buat aliran kok...saya n bapak juga bisa buat
aliran baru..:))..
makanya yang paling penting adalah sejauh mana kita memahami
agama/kepercayaan yang kita anut.
karena klo kita melihat with a broaden view semua kepercayaan atau agama re
legal n setiap orang berhak punya kepercayaan even animisme...
dan pandangan saya personally abt unitarian chruch, mormon, freemason and
jehovah bcs i compares with the bible..in reality  memang mereka
mengclaimed they re part of christianity, but if that so menurut saya yang
mereka ajarkan adalah menyimpang dari christianity...klo mereka tidak
mengclaimed that ajaran or aliran mereka part of christianity mungkin buat
saya gak bakal ada statement klo mereka menyimpang dari ajaran Kristen.

greja advent secara Iman kristen mengenai ke Ilahan Kristus n pengajaran
Biblenya sesuai dengan yang ada di Bible, yang berbeda adalah doktrin
ritualnya, dan buat saya itu bukan prinsipil atau yang menyangkut dasar2
kekristenan, misalnya ada greja orthodox mengharuskan setiap perempuannya
memakai kerudung saat kebaktian tp ada greja yang tidak, ada greja yang
mengharuskan puasa pada hari2 tertentu tp ada greja yang tidak, ada greja
yang memakai harus dibaptis percik ,ada greja yang dibaptis selam. didalam
christianity , ada berbagai macam denominasi greja dan macam2 ritual yang
berbeda , itu hal biasa pak...

mengenai pendeta robert walean, hal2 yang dia ungkapkan abt Islam hanif,
menyangkut hal2 yang prinsipil, n apakah itu memang tertulis di injil atau
penafsirannya sendiri..., he got to prove it...

             Nugroho Dewanto
             <[EMAIL PROTECTED]
             mpo.co.id>                                                 To
             Sent by:                  ppiindia@yahoogroups.com
             [EMAIL PROTECTED]                                          cc
             ups.com
                                                                   Subject
                                       Re: arian Re: [ppiindia] Re: Ketika
             09/14/2005 01:44          umat islam minoritas
             PM

             Please respond to
             [EMAIL PROTECTED]
                  ups.com

bu carla,

maaf, kemarin saya sudah pulang, tak bisa menanggapi
lagi....

saya surprise anda menganggap aliran unitarian, mormon
dan saksi jehovah menyimpang seraya membandingkannya
dengan children of god atau sekte hari kiamat semacam
pimpinan david koresh.... padahal yang satu mengajarkan
yang baik-baik saja dan tak pernah bermasalah secara
hukum, sedangkan yang satu lagi menimbulkan persoalan
sosial dan bermasalah secara hukum....

paham agama anda sebangun dengan sebagian pemeluk
islam di indonesia yang menganggap ahmadiyah
menyimpang....

tapi saya mengerti di kalangan pemeluk kristen juga
ada perbedaan dalam mensikapi perbedaan.... jemaah
gereja advent, misalnya, tenang-tenang saja mendengar
pendeta robert walean menjelaskan ajaran islam hanif....
sejauh ini sang pendeta tak dianggap menyimpang....

salam,

At , you wrote:

>pak Nugroho,
>
>perbedaan dan penyimpangan adalah konteks yang berbeda.
>ajaran freemason, mormon, jehovah menyimpang dari injil itu sendiri bahkan
>yehovah n mormon punya kitab sendiri, anyway, yang menjadi tolak ukur atau
>bench mark dari aliran2 kristen saat ini adalah konsep ke Ilahan Kristus
>dan Injil seperti gereja2 mula2 jaman Rasul2 Kristus,  aliran2 seperti
>baptist, lutheran, calvinist, presbyterian, pentecostal, advent,
>charismatic, orthodox, methodist, and chatolic mempunyai root yang sama
dan
> [...]

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/O4u7KD/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM