Mbah Danar ysh,

Beberapa hari yl saya membaca edisi cetak National Geographic May
2006. Salah satu artikel utamanya adalah ttg The Judas Gospel.
Ternyata ada juga di websitesnya:
http://www9.nationalgeographic.com/ngm/gospel/

Mungkin Mbah Danar sudah membaca?

Menarik juga bagi saya yang lagi pengen tahu. Bahwa perjalanan sejarah
testamen juga dipengaruhi oleh intrik politik dan kekuasaan (ini
fenomena umum dimana2, bukan cuma di agama Kristen/Katolik).

Sebagai salah satu yang paham mengenai keKristenan, kalau Mbah Danar
berkenan, saya pengen diceritain nih.. Intinya saya ingin tahu
pendapat mBah pada hal2 ini:

1. Jika gospel Judas tsb bisa dianggap otentik, maka apakah ide bahwa
Judas adalah murid terbaik Jesus (melaksanakan perintah Jesus) bisa
diterima? Mengapa?

2. Jika mis. jawaban no 1 adalah iya, maka apa dampaknya bagi ajaran
agama Kristen? Saya kira cukup besar perubahannya, terutama yang
berkaitan dg makna salvation.

3. Apakah masih terjadi argumen2 untuk membuka kemungkinan bahwa
testamen baru tidak hanya 4 seperti yang dikenal sekarang? misalnya dg
mempertimbangkan adanya gospel Thomas, gospel Mary, dan gospel Peter?

4. Seperti apakah Christian Gnosticism itu? apakah masih ada sekarang?
bagaimanakah sikap mainstream Christian skrg thd Gnosticim ini?

Itu dulu Mbah.. maaf kalau ada salah kata. Saya tidak bermaksud
berdebat agama. Saya cuma pengen tahu saja. Saya juga bertanya2 pada
bbrp teman Kristiani saya yang lain, tapi mereka anak2 muda yang
ilmunya pastilah tidak semumpuni Mbah.

Kenapa saya tertarik, karena sepanjang yg saya pahami sbg muslim, kami
percaya bahwa Nabi Isa A.S. tidak disalib. Ternyata di Second
Discourse of Great Seth ada juga pernyataan ini (yg pasti
kontroversial). Maaf, sekali lagi bukan mau berdebat kusir, kalau bagi
Mbah pernyataan saya tsb menyinggung, maka anggap saja Nabi Isa yang
saya sebut tidak sama dg (=/) Jesus. Itu cuma salah satu alasan
mengapa saya tertarik bertanya soal ini pada Mbah.

Kalau bersedia menjawab, terima kasih ya Mbah.

salam spring (moga2 anget...),

fau