dan masalahnya Tafsir Hermeunitika yang dipakai rekan-rekan JIL atau liberal
baru ada abad ini setelah khilafah runtuh. Hermenuetika adalah aliran tafsir
yang bukan dari ISlam, tafsir yang digunakan untuk menafsirkan injil atau bible
pada masa vatikan, dipakai untuk menafsirkan Al quran. Sehingga menurut
rekan-rekan Liberal tidak perlu belajar khasanah ilmu Ulumul Quran, Hadis,
kewajiban bisa bahasa arab gaya Al Quran (padahal Al Quran memakai bahas arab),
Ushul Fiqh yang dahulu menjadi prasyarat wajib seorang mujtahid atau ulama
untuk menafsirkan Al Quran.

  Bahkan mas (mungkin juga rekan-rekan JIl lain juga) sendiri bilang di
mediacare, kita pun tidak harus bisa baca Al Quran (apalagi bahasa arab) untuk
menafsirkan Al Quran. ^_^

  Mirip anjuran kita tak perlu belajar bahasa inggris untuk bisa mengetahui isi
buku berbahasa inggris .

  salam,
  aris

Nugroho Dewanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

At 01:00 PM 8/29/2006, you wrote:

>Aris; (Sebenarnya saya masih belajar .)
>
>Dan beberapa rekan-rekan liberal fasih Al Quran dan menafsirkannya
>dengan hermeneutika untuk membenarkan sekularisme dan liberalismenya
>tho. Bahkan rekan-rekan JIL dkk itu sebenarnya juga sangat memahami
>sejarah Islam termasuk Khilafah Islamiyah untuk mengcounter ide
>khilafah sendiri he he he. Rekan-rekan liberal mencari-cari celah
>sejarah negatifnya.. hayo ngaku mas. ^_^ Jadi kalau diskusi pasti
>aja nyambung dan agak 'hot' he he he...
>
>===============

tepat sekali, mbak aris.

qur'an merupakan sumber rujukan dan ilham bagi setiap kita.

dan multi (pluralisme) tafsir qur'an adalah kenyataan sejarah.
cuma ada satu qur'an tapi ada ratusan, bahkan ribuan tafsirnya.

bila mempelajari dengan rendah hati kita bisa memahami
konteks zaman, paradigma dan metodologi berpikir para penafsirnya.

ribuan tafsir itu adalah kekayaan, bukan ancaman.

yang menjadi ancaman adalah pemutlakan terhadap salah satu
tafsir seraya menyesatkan tafsir yang lain.

The great job makes a great man
  pustaka tani
  nuraulia