ketakutan para ulama terhadap pendapat nasr hamid abu zaid
disebabkan mereka tak menguasai ilmu dan metodologi baru yang
dikembangkan nasr.

demikian pula ilmu yang dikembangkan fazlurrahman, abdulah
ahmed an-naim, hasan hanafi atau reza aslan.

persis seperti pengikut ptolemus yang ketakutan terhadap pendapat
copernicus dan galileo.