bung asnawi,

saya dengar metode qiyas sering dilakukan juga untuk antisipasi.
sesuatu yang belum terjadi sekarang, tapi mungkin akan terjadi di masa
depan.

mungkin menarik mendengar pendapat para ulama bagaimana cara
sholat dan puasa bila anak cucu kita kelak tinggal di luar angkasa atau
planet lain (ah, tengah malam begini saya jadi teringat film star trek). tapi
bukankah sekarang sudah banyak astronot bepergian ke luar angkasa,
termasuk yang muslim dari saudi dan malesia?

waktu puasa dan sholat adalah waktu bumi. sedangkan di angkasa luar
hitungan waktu jelas berbeda. dalam sekejap malam dan siang bergantian
datang. mekah sebagai arah kiblat juga terlewat ratusan, mungkin ribuan
kali dalam hitungan detik.

apakah dalam kondisi itu sholat dilakukan seperti orang meditasi saja?
asal mengingat Tuhan? dan puasa berarti cuma kemampuan mengendalikan
hawa nafsu?

mohon petromaksnya. santai sajalah menjawab bila anda ada waktu.