Mas, saya ingin ikut numpang tanya mengenai Unitarian church, kalau
diizinkan:

a) Sepertinya, antara ajaran Unitarian mengenai konsep ke Ilahian,
sangat dekat dengan falsafah Asia timur, yakni ajaran baginda
Siddharta.

Unity has abandoned the popular image that God is an elderly,
superhuman male with a white flowing beard who lives in a remote
place "up there". We do not believe that God is fickle, answering
some prayers and ignoring others. We do not look upon God as a deity
to be feared. One fundamental attribute of God is that God is good.
We are created to be "healthy, happy, prosperous, loved and loving,
courageous and strong". If we fall short of these goals, it is
because we have separated our mind from God, and allowed negative
thoughts to intrude. God is within each one of us; and is directly
accessible. We need only to quietly turn within ourselves to contact
God.

Unity follows a form of pantheism [better yet, panENtheism... WM].
God exists in all things. God is present throughout creation: in
humans, plants, animals, the earth itself, etc. [And, all things are
present in God, hence panENtheism... WM]
http://www.bible.ca/cr-Unity.htm

Jadi, sangat bertolak belakang dengan falsafat agama agama Ibrahim
(Yehuda, Kristiani dan Islam), yang THEOcentristis, namun lebih
mengarah agama agama leluhur kita dari Asia Timur, yang bersifat
Anthropocentristis, mengetengahkan manusia.

Manusia bertanggung jawab pada apa yang dilakukannya, bukan sedikit
sedikit Tuhan (musibah, minta rezeki, mengutuk yang dibenci, dan lain
lainnya). Juga konsep bahwa tuhan yesus akan menyelamatkan semua
pendosa ditolak disini.

lalu apa yang diambil dari tradisi Yehuda?

benarkah apa yang saya tangkap?

Terimakasih

Shalom alechem

danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, Phyllobates Terribilis
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> pak Lukas memang pakar theologi? atau falsafah?  Anda kan pernah di
Jerman? nah, bagaimana pandangan anda mengenai karya Hermann Hesse?
terutama pandangan beliau mengenai agama? bagaimana sepak terjang
Unitarian di Jerman? bagaimana hubungan dengan Deutsche Evangelische
Kirche?

>   wassalam
>
> Lukas Kristanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Mbak Patricia, hidup itu seperti medan perjuangan
(battlefield), jangan pernah mengeluh dan selalu meratapi nasib.
Harus ada semangat juang dalam kondisi apapun, the spirit to keep up
the struggle....!

> Salam.
>
> Lukas Kristanto

kesempatan untuk memimpin! Termasuk kaum minoritas selalu ditutup
kesempatannya. Dan yang bikin gregetan, kalau disangkut-pautkan
dengan agama, jangan pilih dia sebab agamanya kafir. Hal ini yang
sering terjadi di Indonesia, terlalu membeda-bedakan (too
differently) dan tidak logis..!
fanomena ini. Karena semua orang tahu dan sadar, bahwa hanya
kekuasaan yang mengentaskan setiap orang yang melarat, menjadi warga
yang dihormati (karena berharta), maka mereka berlomba menjadi kuasa.
Bahwa kekuasaan mensyaratkan kriteria, tak lagi diindahkan. Yang tak
mampupun ikut berkontes ria. Apalagi, kalau skenario ini mulai
berjalan, semua berasal dari uang, dan berujung kepada uang. Semua
dibeli.
negeri ini, karena pengalaman masa lalu, setiap gerakan dengan
kekerasan akan dengan mudah dihancurkan. Juga socio-demografis-
geografis bangsa ini menyulitkan sebuah gerakan massal yang
terkoordinir baik. Rakyat kecil akan sekedar melakukan perlawanan
passif, dan mendukung sana sini, yang membeli suara mereka.
kegiatan beragama akan lebih meningkat, karena disini mereka bisa
membangun harapan akan datangnya keadilan. Sejak lebih dari 2000
tahun, jauh sebelum Kristus, bangsa bangsa didunia telah merindukan
seseorang yang mampu menciptakan keadilan. Ratu Adil atau messias.
makin kurang rational dan sangat emosional.. Ke-frustasi- an mereka
sering diungkapkan pada sesama rakyat kecil, karena ini lebih mudah,
misalnya tawuran antar suku, kampung atau kelompok agama..
selalu terjadi antara rakyat kecil. saling menghujat agama juga
terutama terjadi diantara rakyat kecil yang tak berpendidikan. Antara
lain bung salma, haris, dan kawanannya.
lagi, tapi sudah merupakan obsesi kolektif (kelompok). Saya melihat
di negeri kita ada kelompok yang merasa hebat dan benar --memaksakan
diri untuk berkuasa, belum berkuasa saja sudah menindas kelompok
kecil (minoritas).
diberi peluang dan kesempatan akan bangkit untuk keluar dari
ketidakberdayaannya , walau semangatnya hanya di tingkat
mimpi/obsesi. Pemahat itu tidak tahan lagi, mungkin karena sering
dihina dan diremehkan, maka seluruh hinaan itu terakumulasi
dipikirannya sampai dia ingin jadi orang besar agar tidak diremehkan
lagi. Tidak mustahil, ledakan kesumat semacam ini akan muncul pada
orang-orang kecil menjadi sebuah pemberontakan, dan akan runyam jika
menjadi pemberontakan masal.
pemimpin terkadang tidak ukur oleh kemampuannya, seperti banyak
terjadi sekarang --banyak anggota legislatif di daerah-daerah
kapasitasnya di bawah standar.
menikmatinya, tidak ingin turun dari kekuasaan, dan ini cerita
klasik --yang banyak sejarah mencatat hal semacam itu. Pertanyaannya
hanya menyangkut dimana hati nurani itu diletakkan?
obsesinya elite-elite politik di negeri kita. Mereka mimpi mempunyai
kekuasaan, setelah berkuasa malah mabuk. Kekuasaan yang diperoleh
tidak mau diruntuhkan, sehingga sikut sana, sikut sini. Tragisnya,
yang tak punya kapasitas juga bermimpi, dan anehnya mereka pun bisa
masuk lingkaran kekuasaan.
obsesi kekuasaan. Biasanya disebabkan di partai lama peluangnya
semakin kecil, banyak pesaing atau mungkin karena sakit hati. Benar
khan pak Lukas!
bookmark your favourite sites. Download it now at

yahoo.com

email the boot with the All-new Yahoo! Mail. Click on Options in Mail
and switch to New Mail today or register for free at http://mail.
yahoo.ca

http://au.messenger .yahoo.com