Assalammu'alaikum wr wb,

Mohon maaf lahir bathin dan semoga memperoleh hidayahNYA selalu.

Pak Agussyafii, tolong renungkan kembali kalimat yang sampeyan sampaikan kepada
pengurus masjid itu lagi. Benarkah KUNCI pintu langit yang masih tertutup itu
adalah

"Ingatan bapak akan amal baik itulah kuncinya. Selama bapak masih mengingatnya
semua yang bapak lakukan maka selama itu pula langit akan terkunci.Sebaiknya
setiap perbuatan baik kita tidak perlu dingat-ingat agar pintu langit terbuka"
Jawab saya,

Mengingat amal baik untuk selalu diamalkan itu sesuatu kerja otak yang paling
berat, menjemukan dan sulit untuk direalisasi. Namun kerja otak ini thok adalah
bukan KUNCI untuk membuka pintu langit yang tertutup. Dalam kaitan ini perlu
merenungkan akan telaah semantik dan etimologi untuk kata AL-DIN yang
dilanjutkan hingga mencapai AL-ISLAM. Jika interaksi ideologis ini dapat
dijabarkan maka kita akan sampai di ambang pintu menuju ruang tak berbatas yang
bernama AL-IHLAS. Di ruangan ini ada satu almari yang dalam almari itu ada
kunci-kunci pribadi yang diberi label nama manusia per individu untuk membuka
pintu langit. Hanya saja untuk mengambilnya tidak gampang.

Wassalam,
A.M