Salam Pramuka,
  Ngomong-ngomong soal KMD/KML dan kursus-kursus pembina lainnya, saya tidak
tahu apakah ini harus dibanggakan atau justru memalukan. Setelah selesai
mengikuti KMD pada tahun 1977, akhirnya 20 tahun kemudian saya baru
menyelesaikan KML Golongan Penggalang saya.
  Saya ikut KML di Kwarcab Jakarta Pusat (Jakpus). Setelah cukup lama tidak
langsung terjun menangani para peserta didik, cukup repot juga bagi saya untuk
mengingat-ingat pelajaran tali-temali. Untung morse, semaphore, dan sandi,
masih ingat. Kursus akhirnya selesai 21 Januari 2007 dengan pembagian
sertifikat kepada para peserta kursus. (Bayangkan saya baru ikut KML sekarang,
padahal teman-teman seangkatan dan juga adik-adik saya dalam Gerakan Pramuka,
sudah lama sekali mengikutinya, bahkan banyak yang sudah lulus KPD dan KPL).
  Saat ini saya dalam tahap pengembangan yang dibimbing oleh para Pelatih
Kwarcab Jakpus melalui Lemdikacab Jakpus. Salah satu kegiatannya adalah
mempersiapkan suatu karya tulis kepramukaan. Untuk itu saya memohon bantuan
KAKAK-KAKAK PEMBINA PENGGALANG UNTUK MEMBERI MASUKAN. Masukan bisa melalui
milis ini atau japri ke e-mail saya: [EMAIL PROTECTED] dan [EMAIL PROTECTED]
  Adapun hal-hal yang saya perlukan antara lain:

  1.Dalam seminggu berapa kali pertemuan di Gudep kakak? Satu kali pertemuan
waktunya berapa lama?

  2.Bila dihitung dalam persen, dalam sekali pertemuan Penggalang di Gudep
kakak, berapa persen di dalam ruangan dan berapa persen dilakukan di luar
ruangan?

  3.Apakah di pasukan kakak ada Dewan Pasukan Penggalang?

  4.Bagaimanakah cara pemilihan Pemimpin Regu, Wakil Pemimpin Regu, dan
Pemimpin Regu Utama di Gudep kakak?

  5.Untuk kelengkapan administrasi Pasukan Penggalang, buku-buku apa saja yang
ada? (misalnya: buku presentasi/absensi, buku keuangan regu dan keuangan
pasukan, logbook, dan lain-lain). Lalu siapakah yang mengisi dan melakukan
pengecekan terhadap isi buku-buku itu?

  6.Dalam setahun, berapa kali Gudep kakak mengadakan perkemahan? (Bisa dalam
bentuk Persami, Perjusami, dan lainnya).

  7.Apakah di Gudep kakak diadakan Lomba Tingkat antar regu-regu dalam Pasukan
Penggalang?

  8.Apakah Gudep kakak secara rutin mengikuti Lomba Tingkat di Kwarran dan
seterusnya? Prestasi terbaik apa yang pernah diraih dan kapan tahunnya?

  Mohon dalam menjawab, bila tidak keberatan, dicantumkan juga Nama Lengkap
kakak serta Gugusdepan dan Kwarcab kakak. Delapan pertanyaan dari saya, dan
saya amat berterima kasih mendapatkan masukan-masukan dari KAKAK-KAKAK PEMBINA
PENGGALANG.
  Atas bantuan dan perhatiannya, sekali lagi banyak-banyak terima kasih.

  salam hormat,
  Berthold Sinaulan
  Pembina Pramuka

silfia husni <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          sedikit tambahan...

seperti di dewan ambalan, T/D tetap ingin ada
DIANPINSAT (padahal udah terjun didalamnya),
selanjutnya di dewan kerja...walaupun sudah jadi
anggota DK, tetapi ada keinginan untuk ikutan
KPDK/LPK, dll...
begitu juga pada saat jadi Pembina....mestinya ada
keinginan untuk ikutan KMD-KML bahkan dilanjutkan
untuk meningkatkan kemampuannya manjadi PELATIH
(KPD-KPL)

jangan selalu berfikir birokrasi itu negatif. kalau
pelaksanaan n materi kursusnya gak sesuai...itulah
yang di up-date, bukan KURSUS-nya yang jadi kambing
hitam....

waktu dan materi serta penyampaiannya (kualitas dan
pengemasan) disesuaikan dengan
demand-nya...audien-nya...jadi tetap kena sasaran...

dan ditekankan, bahwa dalam kursus, para pembina tidak
langsung menguasai (tidak mungkin)...makanya ada masa
pengembangan n pemantapan....
disitulah digali potensi/kreatifitas si pembina....

jadi yang namanya kursus, bukan terpaku pada transfer
ilmu sesaat....
kak andi bisa ngobrol banyak sama kak ghozy....

untuk revisi...mari kita sama-sama revisi, n kirim ke
kwartir nasional/lemdikanas....mereka lagi membahas
(gak tau sih udah sampe mana....)

kalo ada info yang tidak sesuai, saya minta maaf

buat kak irwan,... salam buat kak tanti ya...(dari
silfi n ucie)

wass,
silfia kh

--- andi azka az-zahra' <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Met Pagi, Siang, Sore, Malam,

      Recent Activity

      4
  New Members