salam pramuka!

mari dalam milist ini kita curhat sambil belajar n
mengenal lebih jauh istilah-istilah kepramukaan yang
lebih tepat....

sebenernya untuk membina kita harus punya SHB
(surat/sertifikat hak bina) yang dikeluarkan oleh
kwarcab, setelah kita selesai mengikuti kursus mahir,
pengembangan n pemantapannya.
trus untul SHL (surat/sertifikat hak latih)diberikan
oleh kwarda (lihat proses KPD/KPL nya)agar Pelatih
dapat menjadi nara sumber dalam kwartir/pelatihan
tertentu.

tapi............sayangnya, proses administrasi ini
belum tertata di kwartirnya/lemdiknya

wass,
silfia kh