capee deh, kayaknya sudah sering nih mbahas pandega terus, saya dulu juga
sdh pernah ikut lokakarya mbahas pandega itu, kok belum kelar2 urusannya.
saya dan suami yang NB sama2 pernah aktif di pramuka meski lain daerah,
serumah juga agak beda prinsip soal pandega. suami yang mantan aktivis
pandega di salah satu gudep perti di jakarta, sangat sangat merasa bhw
pandega itu kudu, mungkin perlu disunahkan hukumnya ( :-)
krn merasa banyak sekali manfaatnya.
kalo saya yang pandega cuma sempet ngicipin sampai taraf calon pandega,
sudah ngisi SKU sampai kurang 3 point, waktu usia hampir 23 tahun, lalu kok
merasa pengen ngerasain hidup yang lain di luar kesibukan pramuka, salah
satunya krn agak2 pusing dgn segala macam ribetnya aturan di pramuka,
akhirnya memutuskan resign dr gudep dan aktivitas kepramukaan di beberapa
lembaga kepramukaan. waktu itu iri melihat temen2 kuliah yang sdh pada
lulus, kerja dan bahkan sdh menempati posisi penting di tempat kerjanya dgn
banyak pengalaman mengorganisir ( bukan lagi sekedar belajar berorganisasi )
orang dengan hebat atau yang tidak aktif di kepramukaan tp sdh memberikan
banyak pengabdian buat masyarakat, negeri, dan bangsa ini. sementara saya di
pramuka saya masih berkutat dgn permasalahan yang itu lagi itu lagi baik di
gudep, di kwartir, saka dll. Jadi saya memutuskan berterima kasih kpd GP
atas bimbingannya tp saya juga pengen belajar dr yang lain juga.

pada intinya soal usia pandega, yach bagi yang merasa masih perlu diwadahi
untuk beraktivitas sbg peserta didik ( kalo tdk salah kan S, G T D itukan
peserta didik ya ) s.d 25 tahun, baiknya ya dikasih tempat dan kesempatan
saja. tapi buat yang aktif sebagai pandega dengan tanda pandega di pundaknya
lalu juga jangan memandang orang yang tdk pandega itu jadi lebih rendah,
dianggap tdk/belum lulus pramuka.
atau memang dianggap lulus pramuka yang melewati jenjang pandega saja ? (
sekali lagi saya masih dalam acuan bhw katanya SGTD itu peserta didik), kalo
lulus lebih cepet boleh nggak ? misalnya cuma sampai tegak atau malah galang
aja. menurut saya kok ya boleh-boleh saja, kalo mmmg mampunya segitu. kalo
di adaerah perkotaan mungkin nyari racana masih ada meski satu dua, tp kalo
udh dikabupaten apalagi yang jauh dr kota besar, nyari racana atau bikin
racana mngk tidak gampang, lha temennya aja udh nikah begitu lulus SMP, atau
bahkan lulus SD. kalo nggak salah kan kalo sdh menikah itu masuknya bukan
lagi peserta didik tapi dianggap orang dewasa.
bukankah secara hukum sebenarnya yang sering dianggap acuan justru umur 21
thn.

ngomong2 kalo di sekolahan itu kan malah ada kelas percepatan ya, yang
dicari justru bisa lulus cepet, menyelesaikan materi cepet. waktunya juga
lebih cepet. terus ada jg yang nggak rela kalo usia pandega lebih dicepetin.
bukannya seneng cepet lulus dan keluar dr status peserta didik, lalu jadi
orang dewasa. Mngk krn belum ada wadah bagi orang dewasa yang tdk ingin jadi
pembina, atau pengurus pramuka ( kwartir, saka dll), mngk krn belum ada
wadah buat orang dewasa diatas 21 tahun untuk tetep berkegiatan seperti
peserta didik, mngadakan kegiatan2, berogabnisaasi, kumpul2 dll, yang tetap
bisa dpt fasilitas2 dr universitas, kwartir atau apalah.

wuah maaf maaf jadi nulis banyak sekali.
sekali lagi maaf

Fitri haryanti
pernah aktif di pramuka di jogja
sekarang tinggal di jakarta
bercita2 pengen mendirikan gudep teritorial
sedang menunggu anak2 temen2 mantan pramuka dulu sdh agak besar
siapa tahu bisa diajak bikin barung di gudep teritorial :- )

  _____