--- Pada Jum, 20/6/08, Ghulam Manar <[EMAIL PROTECTED]> menulis:
Dari: Ghulam Manar <[EMAIL PROTECTED]>
Topik: [Pramuka] Sebuah alternatif ...
Kepada: pramuka@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 20 Juni, 2008, 12:35 AM

            Wah .. jadi tertarik ikutan nimbrung nih ...

Saya kok kurang sepakat dengan tanggapan Kang Dede ... misalnya dengan
membandingkan dengan korupsi yang kelas kakap ... bagaimanapun korupsi ya tetep
korupsi hehehe .. Kalo bisa ya kita menghindarinya tho?

Saya kenal TN sejak 2003 gara-gara gawe bareng saat LPK Nasional ... kebetulan
juga kenal sangat baik dengan teman-teman TN, beberapa teman TN juga sering
mampir ke Semarang dan kita banyak ngomongin tentang bagaimana membuat Pramuka
ini menjadi lebih baik, variatif dan inovatif.

Bagi saya e-mail dari teman kita [EMAIL PROTECTED] com bisa menjadi bahan
refleksi bagi kita semua, termasuk juga teman-teman di TN.

Kita bisa saja bilang teman kita itu sirik, gak gentleman ... atau ah, itu kan
urusan TN ma Kwarcab Bandung ... tapi karena kita sudah "dikutuk" untuk
bergabung dengan milist ini sebagai saudara (dalam arti yang sebenarnya lho
...) ya kalo kita bisa ikut memberi alternatif solusi bagi saudara kita,  bukan
kah itu lebih baik?

Saya pikir langkah yang paling baik adalah diskusi antara Ka Kwarcab Bandung
dengan teman-teman TN ... 2 pihak ini bisa bertemu untuk membicarakan APA SIH
MASALAH-nya kok sampai ada rumor "mau diusir" segala ...

Saya yakin baik pihak Kwarcab maupun TN masing-masing punya itikad baik, hanya
belum menemukan titik temu saja .. tentunya sebagai organisasi yang digawangi
oleh insan-insan yang ber Tri Satya dan Dasa Darma .. win-win solution lebih
akan mengemukan dibandingkan win-lose atau zero sum game ...

Momentum ini akan menjadi ujian bagi kedua pihak untuk melihat ke dalam hati
nurani masing-masing, sudahkah saya memperlakukan saudara saya dengan
sepantasnya? Sudahkah hidup saya memberi manfaat bagi orang lain? Apakah yang
selama ini saya lakukan banyak memberi manfaat atau malah merugikan orang lain?
Bagaimana membuat organisasi saya ini lebih baik, maju, bermartabat dan
terhormat di mata orang lain?

Harapannya sih setelah diskusi itu baik Kwarcab Bandung maupun TN akan semakin
baik dan semakin berkualitas. Bukannya kita harus percaya bahwa di balik setiap
MASALAH selalu saja ada momentum HIKMAH yang mencerahkan?

Satu hal yang saya dapatkan dari milist ini ... bahwa kadang ada juga
"provokator" yang menyulut kita untuk bereaksi ... mungkin, memancing di air
keruh, seperti posting seleksi Rainas di Kwarcab Kota Jogjakarta beberapa waktu
yang lalu ... yah itulah dinamika hidup ... di antara sekian banyak orang baik
... masih juga ada orang yang usil. Dan sudah menjadi tugas hidup kita untuk
senantiasa mempertahankan dan meningkatkan kualitas kebaikan yang sudah kita
miliki.

Terima kasih untuk Kang Dede, Kak Dadan, Farli (ge apa nih ...), Kak Rahman,
Kak Arifin ... semua pendapat kakak-kakak semua menginspirasi untuk
menyemarakkan milist ini dengan pendapat yang santun, solutif dan santai,
hehehe ...

Di sini kita belajar ...

Di sini kita bersaudara ...

Tetap semangat!