terima kasih Kak Ridwan.
memang benar ada biaya +++ yang dikeluarkan. tetapi disini saya melihat adanya
"kepekaan" pengelola dalam penggunaan pola kepramukaan (learning by doing,
learning by nature, dll) untuk mengembangkan karakter anak.
dan terkadang saya melihat adanya pembina/pelatih (apalah namanya) yang justru
"kurang peka" pola kepramukaan kurang bisa mengembangkan karakter anak.

ini pernah saya alami ketika seorang pelatih usia pandega yang membina gudep
protes kepada saya karena melihat saya lebih banyak menerapkan permainan dalam
latihan gudep Penggalang SMP. "Mereka kan SMP bukan SD lagi Kak, ngapain
permainan seperti itu." ya gitulah padahal materi outbound yang harganya ribuan
rupiah tidak jauh beda dengan permainan kepramukaan.

tq

megi p