Bung Ballast, umat Israel dlm perjalanan meninggalkan Mesir tanah perbudakan di
bawah pimpinan Musa bertemu dg Tuhan di semak2 yg terbakar. Musa bertanya kpd
Tuhan: "Siapakah nama Tuhan?" Sebelumnya dlm berkomunikasi dg umat Israel Tuhan
selalu hanya mengatakan:"Aku adalah Tuhan Abraham, Tuhan Ishak."  Pada
perjumpaan dengan Musa ini Tuhan berkenan memberikan jawaban-Nya: "AKU ADALAH
AKU!" [KELUARAN 3:14]

Exodus 3:14
New International Version (NIV)
14 God said to Moses, “I am who I am.[a] This is what you are to say to the
Israelites: ‘I am(A) has sent me to you.’”
Bangsa Israel krn sangat menghormati Tuhan, mereka tidak berani menyebut
nama-Nya. Mereka menggunakan singkatan YWH (Yahweh) ketika mereka menyebut
nasma Tuhan. Banyak suku di dunia termasuk sebagian dari suku Batak yg tidak
boleh menyebut nama diri seseorang tapi cukup dg menyebut marganya saja. Memang
agak problematis mengenai pemberian dan penamaan seseorang. Misalnya, ada orang
yg namanya 'Jujur' tapi ternyata maling, preman, dsb. Ada seorang pemimpin yg
namanya Achmad (yg dlm Bahasa Arab artinya 'lebih dihormati') terbukti dia
koruptor, tukang kawin siri, tidak ragu2 bunuh orang yg bininya dia ingini,
dsb.)

Sayang maksud baik dari Ortu memberi nama yg baik kpd anak2nya dalam kenyataan
tidak selalu membuat si anak itu manusia yg didambakan Ortu dan yg tersimpul
dlm namanya. Namanya muluk2 tapi kelakuannya sangat bertentangan dg arti
namanya.

Gabriella