Dia setelah hampir setahun.

Aku : Tumben sudah lama gak nongol, masih rajin ke Gerejanya ?

Dia : Ohh gereja mah Ko adanya di badan kita, gak perlu lagi pergi ke gereja
tiap minggu.

Aku : ( dalam benak doangan ), yeah inilah kelakukan kelompok Bethany
didalam merusak iman seseorang.

Aku : lho memang kenapa ?, badan kita kan memang gereja juga, hanya gereja
fisik dalam bentuk bangunan kan tetap perlu utk bersosialisasi.

Dia : Berengsek ko, oweh baru tahu di atas ternyata yg dilihat cuma duit,
kita kita sebagai umat disuruh kerja, mereka sibuk ngitung duit.

Aku : Lho baru tahu yah ?, makanya mending jadi umat ajah, gak perlu aktif,
begitu aktif hasilnya bakalan kecewa.

Dia : Iya ko, baru nyadar sekarang, Oweh sekarang sudah gak peduli lagi deh,
mending cari duit ajah buat keluarga, gak mau kegereja dan aktif lagi.

Aku : Sekarang pernah terpikir gak dan inget gak dulu aku ngomong berapa
banyak gereja dirusak ?

Dia : Iya, emang kenapa ko.

Aku : Bethany nongol tahun 90 an, dan didalam perkembangannya memang bikin
heboh begitu nongol langsung tenar, hanya cara nya terlalu kasar dan
sebenarnya merusak Kristen yg sudah ada sejak awal.

Dia : Emang apa yg dilakukannya ?

Aku : Gini  kan Papa situ sekarang sudah Kristen Bethany, masih ke Gereja
gak ?

Dia : Yah gak lah ko, kan oweh nya gak pergi.

Aku : sekarang inget inget, siapa saja yg di angkut jadi umat Bethany ?, apa
cuma orang tua, apa pembantu apa orang dikantor ?

Dia : Yah ada sih beberapa orang.

Aku : Kamu kecewa dan kamu menjadi tidak aktif habis perkara.
Sekarang pernah terpikir gak umat yg asalnya Muslim jadi Kristen dia
dimusuhi keluarganya, dan digereja pun akhirnya disia sia kan, apa yg
terjadi ?

Pernah terpikirkan gak berapa banyak kristenisasi gaya Bethany yg sebenarnya
bukan Kristenisasi melainkan merusak Kristen yg sudah ada dan damai.

Pernah tahu gak kenapa Katholik sampai membuat kelompok Karismatik gaya
Katholik ?.

Karismatic gaya Katholik sudah dari tahun 70 an di India, ketika Krsiten
semodel Bethany merangsek ke India, dan umat Katholik banyak yg minggat,
sampai akhirnya Paus mengeluarkan Fatwa kepada seluruh umat Katholik agar
tidak mencari umat lagi, melainkan menjaga umat yg sudah ada.
Semua kena serbu gaya Bethany yg main sruduk dan tidak peduli akibatnya.

Kamu saja sendirian sudah melakukan kristenisasi beberapa orang, dan berapa
banyak bila dari 1 orang umat juga mendapat tugas melakukan kristenisasi ?,
selain keluarga sendiri minimal pembantu di kotbah i, dan bagaimana sakit
nya bila dikatakan orang tersebut ada domba yg tersesat, koq berani
beraninya mengatakan seseorang Kristen sebagai umat sesat ?, koq berani
berani nya menyatakan Pembantu yg taat beribadah dikatakan sesat ?, sesat
apa yg dimaksudnya ?

Cukup lama juga tukar pikiran.........