Aku : Selamat...para Bapak ², sebelumnya saya mohon maaf mau sedikit tukar
pikiran dengan para Bapak² mengenai wilayah disini.

TM : Selamat...pak Sur, gak apa apa silahkan utarakan saja ada info apa,
kita runding dan musyawarah saja..

Setelah basa basi bla bla bla

Aku : Di wilayah sini dalam kurun waktu maksimal 4 tahun kedepan akan
mengalami perubahan yg sangat drastis, dan saya tidak mau bila para Bapak
tidak menyiapkan segalanya, dan tahu tahu sudah terjadi.
Wilayah disini nanti akan dijadikan wilayah pusat data electronik dan akan
dibangun hotel dan perluasan wilayah perumahan besar besar an, dan dengan
adanya rencana tersebut, selain akan banyak pendatang baru, juga akan
menaikan harga tanah.

Saya memberikan informasi ini karena tidak mau wilayah Bapak² nantinya jadi
berganti pemilik dan harga jual tanah masih murah meriah, padahal nantinya
bakalan naik banyak.
Jadi utk ini saya usulkan para Bapak datang ke Kelurahan agar menaikan nilai
jual pajak tanahnya ( NJOP ), dengan naiknya NJOP maka nilai jual tanah
disekitar sini bila ada pembebasan tanah tidak merugikan warga disini.

TM : Bila NJOP naik, bagaimana bila tidak mampu bayarnya ?

Aku : Tidak sanggup bayar yah jangan bayar, kelurahan kita didalam
pencapaian target pajak dari NJOP termasuk terjelek dari 68 Kelurahan dikota
Bogor, hanya gara gara seorang pengusaha real estate selalu nunggak pajak
tanah dengan nilai lebih dari 25% dari pendapatan pajak tanah.
Ditambah dengan wilayah sini tidak akan lebih dari 5 % penambahan tidak
tercapainya pajak tanah.

TM : bila tidak bayar nanti kena sanksinya tidak ?

Aku : Sesuai aturan pemerintah setempat, pajak tanah bisa dicicil dan bisa
pula minta dikurangi nilainya bila memang tidak sanggup bayar, sama halnya
dengan pengusaha real estate abal abal, dimana dapat discount lebih dari
50%.

TM : Oh gitu, terus bila sudah naik, nilai jualnya ikut naik banyak ?

Aku : tergantung kapannya, utk awal paling minimal sama dengan nilai pajak
NJOP, dan setelah beberapa lama maka harga tanah pasti naik dan naiknya bisa
berlipat, karena hal ini maka saya datang kemari utk musyawarah agar bila
ada yg mau beli tanah disini harganya bukan harga murah, karena nantinya
wilayah disini harga tanahnya akan berlipat ganda.
Perhitungan saya tidak lebih dari 2 tahun harga tanah akan terdorong naik.

Bla bla bla dengan hasil musyawarah sepakat NJOP naik, dan setelah sekitar 1
tahun, aku diundang datang lagi.

TM : Pak Sur ada niat beli tanah tidak, di wilayah anu dan anu dan anu mau
dijual, harganya murah dan benar harga tanah disini sekarang sudah naik,
kami ucapkan terima kasih, bisa menjual tanah pembebasan dan bisa membeli
tanah dengan harga lebih murah jadi tidak rugi.

Aku : Waduh saya tidak pernah sedikitpun punya niat jual beli tanah, rejeki
saya sudah di kue, tidak minat main tanah.
Saya senang bila warga disini bisa pindah dengan mendapatkan tanah yg
minimal luasnya sama dan bangunan lebih baik.

Wilayah disekitar tersebut yg awalnya dijuluki wilayah pasukan samping
mengalami perubahan pola kehidupan.