Rupanya Bang Ajeg tidak setuju dg pernyataan aku bhw 'Budaya Mesir itu lebih
tinggi dibanding budaya padang pasir (Arabia) khususnya di abad ke-7'.

Orang menilai tinggi rendahnya kebudayaan dari satu bangsa a.l. dari
peninggalan zaman purbanya, dari sastranya, dari sistim pemerintahannya dan
tingkat peradaban masyarakatnya, dst. Sehrusnya cukup jelaslah bhw budaya Mesir
(sebelum abad ke-7) dari ciri2 yg disebut di atas jauh lebih tinggi dari budaya
Arab padang pasir. [Bangsa Arab pd zaman itu masih tinggal di tenda2 dan hidup
sebagai kelompok2 kecil (suku2 yg saling bermusuhan) di sekitar Oasis. Satu2nya
bangunan peninggalan budaya yg lebih terdahulu adalah yg dikenal sampi hari ini
sbg Ka'abah. Ka'abah ini menurut para ahli sejarah adalah bangunan kuil Hindu
(Lengkap dg 'gambaran kaki dewa Shiva yg sejak kehadiran Islam dikenal dg nama
Makam Ibrahim)

Bangsa Mesir yg terdiri dari berbagai suku bangsa termasuk Copt dpt berbangga
dg kemajuan yg dicapai dlm berbagai bidang: arsitektur-bangunan, irigasi,
pertanian, sastra(Perpustakaan Alexandria), dsb. Sayangnya pada abad ke-7 dg
munculnya ideologi serta expansionis Islam hancur lebur. Dan dlm kurun waktu
kira2 tiga ratus tahun bangsa Mesir melalui intimidasi, pemaksaan, kekerasan
dan pembunuhan kehilangan identitasnya dan menjadi bangsa 'Arab'.

Sampai hari ini suku bangsa Copt yg sebagian besar masih memeluk agama Kristen
menjadi korban intimidasi, pemerkosaan, penculikan dan pembunuhan. Agama
Kristen masuk ke Mesir sejak akhir abad ke-1 Masehi dan selama 600 tahun
berkembang dg baik. Penyerangan, pendudukan Mesir oleh pe-jihad Islam a.l. dg
diberlakukan Pact of Omar slowly but surely meirongrong dan mengikis habis
bangsa asli Mesir.

Gabriella.