gue ngga pernah mengerti kenapa orang menyukai kopi starbucks
selain mahal, rasanya biasa biasa aja
kalau ngga lagi kepepet seperti terdampar di airport, gue selalu menghindari
starbucks
atau coffebean or segala kopi yang memakai franchise

temen gelo gue di jakarta bilang, ngopi di starbucks enak lantaran suasananya
gue bingung, suasana apaan yang enak di starbucks?
kebanyakan yang ngopi cuma kalau bukan lantaran gengsi, pengen ngaso
atau pengen nginternet gratisan,  mana kue yang dijual ngga ada yang enak lagee

gue bilang ke dia, kalau mencari suasana ngopi yang enak
lu ngopi di puncak, atau di warteg bersih terdekat, atau ngopi bareng mertua
bini gue sendiri ngga menyukai kopi, ada kebiasaan dia yang gue tau persis
kalau lagi kesel dan moodnya jelek baru dia mesen kopi panas

anehnya lagi ada orang yang beli mesin kopi yang harganya sampe ratusan dollar
gue ngga pernah ngerti, apa susahnya mengaduk kopi pake sendok?
kenapa orang sampe begitu bloonnya ngga ngerti cara mengaduk gula, kopi dan
cream?
ini persis dengan fungsi sikat gigi listrik, dibuat buat para pemalas atau
orang yang saraf motorik
di tangannya dah lumpuh, keterlaluan memang

menurut gue kopi yang terenak tetap kopi dari indonesia ( kecuali kopi kapal
api yang hambar )
waktu lebaran kemarin, gue sempat disuguhi kopi di tetangga bini, gue ngga tau
mereknya apa
tapi yang jelas itu kopi lokal, kopi  dan suasana lebaran, ngobrol sambil
memandangi wajah istri sekali sekali- adalah kopi terenak sedunia