di tembok itu tentu bukan tanpa sebab, toh sebelumnya juga ngga ada tembok.
karena negara israel (ini negara lho yang udah dapat pengakuan
internasional)  di ganggu terus sama warga otonomi palestina (bukan negara
ya),  akhirnya ditembok. ada pintu lintasan antar dua wilayah itu yang sama
sama dijaga tentara kedua belah pihak, mau melintas bisa aja, tapi
diperiksa. jadi kalo dulu sering ada lemparan bom molotov, lemparan2 batu
kewilayah israel, dengan adanya tembok kejadian seperti itu jauh berkurang.
perbatatasan jordania israel ngga pake tembok tembokan tuh, karena jordania
damai damai aja, ngga ikut2 an lagi ngurusin palestina yang ngga tau diri
itu bagi jordania. udah kapok jordania bantuin palestina.