Gegap gempitanya dunia maya hari ini, diikuti dengan mudahnya akses internet
bagi siapapun, sepertinya tidak melulu membawa kemaslahatan …  Penyakit sosial
kedua,  suburnya kebiasaan berdebat tanpa manfaat … ( Penyakit Sosial Dunia
Maya, Tere Liye, Harian Kompas, Sabtu 6 Juli 2013, hal. 7 )

Membaca tulisan Tere ( whoever she is ) saya teringat milis Proletar  ini. Di
milis ini perbincangan tentang agama tak pernah usai. Argumen demi argumen
mengalir lancar, saling sindir, saling bantah, saling serang, saling bentak  …
seru. Sampai hari ini belum ada yang kalah atau menang, atau lebih tepatnya
belum ada yang mengaku kalah dan salah…. Buat Tere mungkin ini membosankan dan
debat tanpa manfaat. Benarkah ?

Apa itu agama dan mengapa menarik untuk diperbincangkan ? Siapa saja boleh
membuat definisi agama, soal benar atau tidak masing-masing orang boleh punya
pendapat sendiri. Definisi tentu bersifat netral, tidak bicara baik dan buruk.
Di bawah ini salah satunya :

Agama merupakan sistem terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang
berhubungan dengan hal-hal yang suci dan mempersatukan semua penganutnya dalam
suatu komunitas moral yang dinamakan umat. Dalam konsep Sosiologi, agama
merupakan gejala sosial yang umum, yang dimiliki oleh seluruh masyarakat di
dunia tanpa kecuali. Agama merupakan salah satu aspek dalam kehidupan sosial
dan bagian dari sistem sosial suatu masyarakat. Dengan demikian, agama
merupakan suatu pandangan hidup yang harus diterapkan dalam kehidupan individu
maupun kelompok. (Aman, Grendy Hendrastomo, Nur Hidayah)

Dalam kehidupan real, ternyata agama mengharu biru kehidupan manusia. Para
penganut agama tidak hanya menganggap agama sebagai " kepercayaan dan praktik
yang berhubungan dengan hal-hal yang suci …", tetapi juga dengan kebenaran
absolut, harga diri dan kekuasaan … Kebenaran absolut ? Orang waras akan
berpikir dua tiga kali sebelum menerima suatu ajaran sebagai kebenaran absolut
? Tapi ini tidak berlaku bagi orang beriman karena mereka hakul yakin bahwa
agama diturunkan langsung dari Sang Khalik lewat malaikat pembawa berita.
Diingat tanpa kesalahan, dicatat tanpa kesalahan, dihafalkan tanpa kesAlahan …
Lalu agama diwariskan turun temurun oleh penganutnya ( jangan loe kira gw mau
ninggalin agama warisan orang tua gw … gitu ada yang bilang … ) Saya tidak
sedang bicara tentang agama Islam, saya sedang bicara tentang semua agama wahyu.

Sampai di sini tidak ada masalah, celakanya agama membawa bibit facist yang
kemudian mengkotak-kotakkan manusia menjadi golongan orang beriman dan golongan
 kapir, golongan orang benar dan golongan orang berdosa … maka dimulailah
perjuangan MENEGAKKAN dan MEMBELA AGAMA, yang sebenarnya ya perjuangan membela
harga diri dan kekuasaan … kalau perlu sampai modhar … lebih celaka lagi ajaran
agama yang diyakini benar absolut itu ternyata juga berisi ajaran-ajaran yang
bagi orang jaman sekarang dianggap biadab …

Kenyataannya sebagian besar umat beragama menutup mata dan hatinya, mereka
tidak peduli ada ajaran biadab dalam agama mereka, kalau mereka tahu pun
mereka akan kura-kura dalam perahu … mungkin karena malu atau memang kepala
batu … mereka bilang : tenang everybody, everything is under control … mereka
lupa ajaran itu bisa ditemukan oleh si Dogol Imam Samudera, penentang Syiah,
penentang Ahamadiah, penentang Nasroni, Osama bin Laden dan kroco-kroconya di
Al Qaedah yang bikin teror seantero jagad … ooooh itu khan karena mereka salah
menafsirkan isi ajaran kami … WHAAATT ?

Niat kami berargumen di milis ini bukan menghina kepercayaan orang lain,
apalagi jualan agama ( walau saya bilang agama itu jualan keselamatan dan surga
… ada yang bisa bantah ? ). Niat kami bukan menarik kalian kedalam agama kami,
itu hil yang mustahal … Stay where you are, please. Secara guyonan saya bilang,
kalian gak bakal kuat jadi minoritas … percaya bahwa Yesus itu Tuhan, memanggil
Allah sebagai Bapa,  …. nggak semua orang bisa … itu hanya untuk orang-orang
pilihan …

Sesungguhnya, bukan itu maksud kami. Kalau saya  mengatakan ada ajaran biadab
dalam suatu agama di layar televisi, bisa dipastikan keesokan harinya saya
tamat. MAKA di milis inilah kita bicara, di milis ini kita mendapat tempat
untuk menghimbau … wahai saudara-saudariku para Muslimin Rahimakumullah,
sadarilah, akuilah, bahwa ada ajaran biadab dalam agama yang kalian imani  …
kebenaran absolut yang kalian imani ini ternyata mengandung cacat yang walaupun
kalian sisip-sisipkan di bawah karpet suatu saat nanti akan jadi senjata
pamungkas buat kalian … buanglah ayat/ ajaran itu,  tolaklah dengan kesadaran
penuh … KATAKAN TIDAK PADA KEKERASAN WALAU ITU PERINTAH ALLAH SENDIRI !

Apakah diskusi kita dalam milis ini sia-sia ? Apakah kita berdebat tanpa
manfaat ? Saya rasa tidak, diskusi kita ada hasilnya, walaupun harus menunggu …
berapa lama Be ?

Salam, Guba