Abis berenang di Graha Kencana Dago Resort, kemaren saya ke garut. Sampai
rancaekek lancarrrr ... dan antrian panjang kemudian harus dialami percis
ketika memasuki nagreg. Perjalanan Bandung - Garut yang mesti nya 1 jam, harus
"dikunyah" menjadi 4 jam.

Yang patut diapresiasi adalah bapak dan ibu polisi yang dengan sabar dan
cekatan serta kompak mengendalikan arus llu lintas. Bener macet. Namun saya
merasa tentram karena polisi berada di sepanjang jalan. Saya sempet melihat
beberapa polisi bahkan mendorong bis yang mogok. atut diapresiasi.

di Garut ...

Idul Fitri identik dengan perayaan. Aun - alun penuh dengan orang orang yang
"pelesiran". Ada yang sekedar duduk duduk dan makan makan, dan -- yang unik --
ada delman kecil yang disewakan untuk anak anak dan delman itu ditarik oleh
Domba Garut. Unik. Lucu.

di Garut ...

Pergi menyusuri pasar "ceplak" ( Ceplak it bahasa sunda, suara orang kalau lagi
makan ketika mulut nya nddak ditutup saat mengunyah makanan ). Ini pasar
kuliner. semua makanan ada. Termasuk "chocodot" yang berhasil menjadi icon baru
oleh2 garut selain dodol picnic.

Keperluan pertama ke Garut entu silaturahmi, keperluan utamanya lagi adalah
konsolidasi menjelang kembalinya atmosfir di hari senin nanti. Mulai
beraktifitas apanan. kerja. cari duit.

Kalo ke Garut, jangan lewatkan untuk ke cileduk, makan bakso "parahyangan". Ini
bakso emang lain. Mak Nyos.

perjalanan pulang dari semenjak bunderan kota Garut sampai cagak nagreg macet
cet. Nyaris susah bergerak. merayap dengan kecpatan 10 sd 20 KM/jam dan lebih
banyak diam. Lepas dari jalan cagak, memasuki jalan baru, kendaraan baru bisa
dipacu dengan kecepatan normal 60 an.

Suasana Bandung belum pulih. Susah banget cari martabak bangka. Semua tukang
martabak kayaknya masih pada lebaran.

Sampai rumah, bobo.