Pertama-tama, saya mau acungkan jempol buat essaynya Habe. Tulisannya
mewakili, if not, membuat saya yang Muslim bertanya-tanya dan mencari
tahu. Lepas dari akurasi sejarah yang dijadikan referensi, atau
praduganya, tulisan tsb menurut saya, cukup jujur berasal dari
seorang Cecep (awam).

Now tentang 'pembantaian' Yahudi di Yathrib, Madina. Memang yang
ditulis reza dibawah benar berasal dari hadist yang mengatkan bhw
kaum Yahudi berkali kali melanggar kesepakatan yg sudah mereka buat
sebelumnya dgn Muhammad.

Saya akan coba masuk dari analisis sosio-politik sejarah.

Perlu diketahui, sebelum Muhammad cs masuk ke Madina, disana sudah
ada 2 suku Arab yg saling curiga dan terus-menerus berseteru. Dengan
memeluk Islam, perselisishan kedua suku ini dapat diredam karena
Islam merupakan ajaran baru bagi keduanya. Selain itu, ada 3 suku
Yahudi yang tinggal di Yahtrib, tetangga Madina. Ke 2 suku tsb
bertani, Madina sebagai oase di gurun merupakan tanah subur yang
menjadi penghasil kurma, sedikit gandum dan zaitun, digarap oleh
kedua suku Yahudi ini. Suku Yahudi ke3 membuat perhisan, dan.. yep..
senjata.

Pada awal Muhammad cs datang ke Madina, mereka disambut dgn tangan
terbuka. Umat Islam di Madina yg rata2 memiliki taraf hidup lbh baik
memberi mereka makan dan tempat tinggal layaknya saudara.

Seiring dengan berjalannya waktu (sejarah mencatat setelah 5-8 bulan
berada di Madina)keadaan mulai berubah. Yach, anda bayangin aja
sendiri kalo kedatangan tamu dari kampung yang ga pulang-pulang, lama-
lama sesek juga.

Mi casa es tu casa mulai terasa basi. Bahan makanan menipis, walaupun
Madina merupakan daerah swasembada, tapi mereka hanya menyimpan
secukupnya, dan surplus diperdagangkan. Kedatangan tamu dgn jumlah
yang banyak dan mendadak membuat defisit pangan. Selain itu, masalah
sosial lainnya menuntut perhatian. Asimilasi & pengangguran mengancam
(Sebagian besar pengikut Muhammad dari Mekah adlah kaum muda dan
miskin-budak, pekerja kasar proletar, dan yang berharta pun harus
merelakan asetnya tersita di Mekah).

Muhammad berharap dapat meredakan masalah itu dengan mengajak bangsa
Yahudi di Madina memeluk Islam, berharap kaum Yahudi dapat ikut
berpartisipasi nanggung beban dan sharing lah.. Namanya juga Yahudi,
ya ngeyel. Muhammad jengkel, hingga dia mengubah hari Sabat dari
Sabtu menjadi Jumat, dan mengubah arah kiblat dari Yerusalem ke
Mekah, evenmore so, hal ini divalidasi dengan turunnya ayat Quran
yang memerintahkan pindah kiblat.

Muhammad harus melakukan sesuatu, dan segera. Jika tidak, mereka
semua akan mati kelaparan dan social chaos mengintai.Dia akhirnya
meminta suku Yahudi ahli senjata utk menyiapkan seluruh alat perang
bagi kaum Muslim-ngutang dulu,tentunya.Siapa yang dia serang?

Pada 624, umat Muslim menyerang kaum Quraisy walaupun hanya sebatas
rute perdagangan para kafilah pimpinan Abu Sofyan, sepupu-paman
Muhammad yang bengis dan lalim. Muhammad tidak pernah membayangkan
bahwa serbuan pertamanya karena alsan survival melawan penindasnya
dari Mekah akan menjadi awal kebangkitan penaklukan umat Islam atas
daerah yang sangat luas.

Saat itu diluar Arab, bangsa Persia dan Romwai berada diambang perang
dunia. Tahun 602, Persia menyerang Yaman, daerah kekuasaan Romawi.
Before u know it, peperangan-peperangan makin sering, dan makin
mendekati Konstantinopel. Heraclius, kaisar Romawi memerintahkan
semua Yahudi yg tinggal diwilayahnya (termasuk Yerusalem) utk pindah
masuk Kristen. Seperti biasa, Yahudi ngeyel. Hasilnya? Tahun 608,
ribuan orang Yahudi di Antiokhia, Suriah, dibantai.

Situasi politik dunia saat itu jelas. Persia merangsek terus ke arah
Yerusalem utk merebutnya. Muhammad menyiarkan wahyunya, dan
mengajarkan utk berkiblat ke arah Yerusalem, yang juga berarti
menunjukan keberpihakannya di kubu Romawi Kristen, melawan Persia &
Jew Crewnya.

Jadi, sebetulnya Muhammad punya 1001 alasan untuk membantai Yahudi
Yahtrib. Melakukan itu sangat mudah, terlalu mudah. Lebih mudah
daripada nepuk lalet. Tapi, apa Muhammad melakukan itu? Not quite.
Bagi Muhammad yang baru tercerahkan, dan menjadi sang harapan baru
bagi tertindas, melakukan hal tersebut berarti membuang ke sampah
semua yang dia khotbahkan. Dia memilih utk menyerang penindasnya kaum
Quraisy, yg juga sukunya sendiri dari Mekah.

Lagipula, irasional membantai sapi hanya utk dagingnya semata,
sementara susu dan tenaganya membajak lahan jauh lebih bermanfaat.

Bagaimanapun Yahudi Yathrib tetap menolak Islam, pasti mereka juga
berharap Muhammad kalah melawan Mekah. Upaya-upaya Yahudi utk
menggembosi Muhammad seringkali ke 'gep (ketauan) abis2an oleh
Muhammad. Spt salah satu contohnya, penyergapan dari belakang pada
saat umat Islam menghadapi tentara Mekkah. Kedua, info inteligent ke
Abu Sofyan yang memberi informasi jumlah secara tepat formasi dan
jumlah tentara Muhammad pada perang Uhud.

Bagi bangsa Yahudi, penaklukan umat Islam atas mereka adl pure
konswekensi dari politik yang mereka jalankan. Mereka melakukan pakta
ke kedua belah pihak yang bertikai, dan jagoan mereka kalah.

For the record, dari ke 3 suku Yahudi di Yahtrib:

Bani Qainuqa-Pandai besi yang memberikan 'loan' senjata ke Muhammad,
diampuni setelah perdebatan bhw mereka seharusnya dihukum mati.
Mereka diperbolehkan meninggalkan kota.

Kedua suku Yahudi yang menguasai pertanian Madina terbagi menjadi dua
sikap:

Bani Al Nadhir - Sebelum perang terakhir melawan Quraisy Mekkah,
Muhammad menggali parit mengelilingi Madinah. Suku ini bersedia
membantu Muhammad dari logistik setelah mereka melihat Mekkah akan
gagal menaklukan Muhammad. What a good bet, mereka diperbolehkan
meninggalkan kota pula.

Bani Quraizah- Suku Yahudi terakhir yang dari awal hardship
pengungsian Muhammad masuk ke Madinah, samasekali tidak pernah
memberikan bantuan apapun sepeserpun. Mereka yang member informasi
lengkap ke musuh-musuh umat Islam pada saat perang. 700 laki-laki
suku ini dihukum mati, sementara kaum perempuan dan anak-anak mereka
diperbudak.

*Sources:
1. Arab Historians of the Crusades - trans. Gebrieli Berkley Press
2. The Life & Times of Muhammad - Glubb, Sir John Scarborough House
2. The Life of Muhammad - Ibnu Ishaq Karachi, Pakistan trans.
Guillaume, A.
3. Muhammad at Medina - Watt, Montgomery Oxford Press

--- In proletar@yahoogroups.com, "rezameutia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> membantai suku yahudi itu?
>
> muhammad menunjuk saad bin mu'adh, atas persetujuan bani qurayza,
> untuk menjadi hakim dalam menentukan hukuman atas pengkhianatan bani
> quraisah dan saad yang mengambil keputusan pembantaian tersebut.
>
> kedua, di yathrib ada 7 (tujuh) suku yahudi yang sudah sepakat dalam
> suatu perjanjian untuk bersatu padu mempertahankan yathrib atas
> serangan quraisy.  lalu, suku yahudi (qurayza) itu berkhianat.
>
> coba lu kasih pencerahan, apa sebaiknya yang dilakukan ketika
> menghadapi sekelompok pengkhianat seperti itu?

Allah.
Allah.
> Tanggung

Standar