ibrahim datuk tan malaka diberi gelar Bapak Republik Indonesia, karena
bukunya Naar de Republik Indonesia dibaca soekarno  yang kata om
Jusfig digelari tukang suruh bunuh dan penjilat jepang....namun memang
demikian adanya dan juga wr supratman yg terinspirasi membuat lagu
indonesia raya. Tan Malaka yang sangat benci dengan jepang dan belanda
menginginkan kemerdekaan tanpa syarat. Tan Malaka dari pandan gadang
seorang muslim taat yang menjadi marxist...di komintern conference di
moscow tan malaka berpidato "ketika saya hidup di dunia maka hukum
material yang akan saya anut, namun ketika saya mati saya menghadap
tuhan." Jadi tuhan ada di wilayah personal saja

wawan